Bangke kamu Har. Ini reaksi saya sama kayak ngeliat R1 Ronnie kemaren
Ini ga bisa dinilai buat tulisan. Ga ada muatannya sama sekali. Mau saya kasih 1 juga mungkin terlalu baik, karena ini ga pake plot atau mainan karakter atau apa
Pun demikian saya impressed, dan nilai penuh buat inovasi dan eksperimennya
Mujinya karena entri ini sesuai kata Kak Sam, inovatif. Pake banget. Tp umpatannya ya itu, ini kan battle tulisan, jd kalau pakai cara yg bener" ala game. Alih-alih ajang menulis, malah jatuhnya main game.
Maaf kalo komennya gini. Saya g mudeng soal bikin" game kaya di atas ._.
Skor dasar: 5 + 5 karena kreativitasnya. Bener" gak terpikir saya ke sini. - 1 karena agak monoton + 1 gambarnya bagus-bagus - 1 kurang banyak gamenya XD - 2 sementara penulis lain mikirin epic plot, narasi, sm karakterisasi, sampe bela"in baca entri lawan. Pokoknya sibuk improvisasi, ini mlh pake pendekatan ala game. Gak mainan plot maupun karakterisasi.
Jangan salah >.< itu saia sampe baca charsheet secara mendalam buat bikin battlenya. Kekuatan Liona Lynn perlu banyak variabel. (Oke, cuma 4 variabel, tapi tetep aja rumit, dan keempat-empatnya saling berhubungan pula.) Bahkan dari dialog di entri ini pun saia pelajarin cara Lynn bicara dari entri-entri sebelumnya.
Mungkin hal-hal detail kayak begini cenderung loss buat orang yang langsung kena efek wow dari formatnya kali ya.
Oke, saya sangat terkesan dengan kreatifitasnya, tapi balik lagi ke masalah selera pribadi.
Ketika saya datang ke sini, saya ingin membaca cerita, saya bersiap untuk membaca cerita, bukan online VN yang ditulis oleh Michael Bay dan ceritanya seperti baru aja kena kampak dari produser.
Setelah kemarin Ronnie R1, sekarang ini, kayaknya tren BOR taun ini tuh mulai menjauh dari gaya tulis konservatif, lebih bebas & nakal kalo boleh dibilang :D
Untuk kreativitasnya saya kasih nilai sepuluh, tapi kalo boleh saya bilang secara keseluruhan banyak minornya, jadi...
Setelah kemarin Ronnie R1, sekarang ini, kayaknya tren BOR taun ini tuh mulai menjauh dari gaya tulis konservatif, lebih bebas & nakal kalo boleh dibilang :D
Untuk kreativitasnya saya kasih nilai sepuluh, tapi kalo boleh saya bilang secara keseluruhan banyak minornya, jadi...
Hmm, saya bingung euy nilainya gimana... Menarik sih idenya, tapi gimana ya, masukin game VN di kompetisi menulis itu... Hmm... Yah pokoknya saya terhibur si, tapi ga tahu mau kasi nilai berapa... ^^
ini saya bingung, di mana ceritanya ( . .) btw, karena ini jadi cuma mainan, makanya nilainya jg tentang mainan yha?
oke, kita mulai: 1. Ini gamenya kayak sekadar serang-ngejek-lari (heal) terus Ananda bisa lari, lari jadi heal, sementara Lynn enggak bisa. 2. Kalau saia ga pake lari nya, Ananda gampang banget kalah. Coba tiga kali, Ananda kalah 2 kali. 3. Pun kalau mau dibikin Lynn bisa heal, which mean dibikin simple misal dia heal kalo bar di bawah brp dan cuma bisa heal brp kali satu turn, itu bisa jadi malah kayak endless battle uwu 4. Terus setelah kalah, HP Ananda yg 0 masih bisa nyerang? (iya, saia ga teken lagi tombol ready nya, soalnya di bawah ada gambar Lynn dan Ananda dengan HP yang masih 0, jadi saya coba main yg itu) 5. HP nya bisa minus. Kondisi game apa yang HP bisa minus ._. ngutang gitu yha wwww 6. Serang-Rapal-Lari. terus di dalam Rapal, malah ada "Debuf sama Nuke) bahasanya gimana toh mz ndag konsisten ._. 7. Itu heal pake lari ena banget. Klik aja berkali-kali sampe HP berapapun udah absolute menang 8. Ternyata saya siapin HP Ananda sampe 40 pun tetep sulyt menang. Hoki saia tjupu mungkin uwu
Ah... akhirnya menang. yosh, saia ga terlalu banyak bisa komentar sebenernya. ga ada yang bisa dikomentarin malah. bisa dibilang, coba"nya hampir gagal mz, maaf...
jadi ini entry, dipandang dari sisi cerita, nilainya nol. tapi dipandang dari sisi game juga, banyak bug, balancingnya parah, dan ga berasa BoR nya. maksud saya, mungkin kalau si Lynn dikasih semua slot skillnya, ananda juga dikasih semua slot skillnya, terus diakalin gimana bisa lawan-lawanan, bakal jadi keren ini game.
jadi unsur game nya juga cuma setengah. sepertiga malah.
kalo diliat dengan poin minus di atas, 10-8 = 2, tapi karena Ananda tadi tiba-tiba nge heal pas saia mau kasih nilai, poinnya jadi +3
jadi nilai 5/10 buat entri ini deh. semoga beruntung ^.^
tambahan : terus ada fungsi back yang saya enggak ngerti kenapa ada. dan malah ngancurin fungsi gamenya banget. jadi bisa "reload" gitu (dibalik heal imba yang bisa numpukin HP)
dan ngejek jadi crit? wwwww oke juga sih. hhe.
yha, segitu aja x mz, mungkin semuwa yang bisa saya jelaskan alih-alih belajar jadi game tester (yaelah game tester aja pake belajar)
Demn, saya mau muji "Ini kreatif! Out of the box, bravo!" tapi kayaknya udah banyak yang melontarkan sejenis di atas, bahkan sampe panen nilai sepuluh pula :O Congrats :D
Saya salut banget, entry om Har bener-bener "Nabrak" ke mana-mana, gak cuma ngancurin pakem "ini tulisan loh" tapi juga bikin pembaca kudu ikut berjuang biar si Ananda bisa menang.
Jujur aja, saya stuck di battle scene-nya, buff-nuke-serang-lari....
10 menit saya ngeklik, undo, karena gak ngerti, klik, undo, klik, kundo sambil ngumpat, "Jrit, ini kapan selesainya?"
Turns out, saya ternyata gak memperhatikan nilai MP sama health point Ananda dan Liona di atas sana. Saya gak sadar kalo tiap keputusan yang diambil (meskipun repetisi, "Ananda lari, dapet MP euy~" ternyata ngaruh juga ke point.
Konyol emang, tapi setidaknya saya berhasil membuat si Ananda menang :v
Yeah, terus-terang bro, dilihat dari segi cerita dsb, karena formatnya pakai media lain selain text yang bisa dibaca langsung di blog, saya hanya bisa bilang, "Curang! Game HD kan jauh lebih sulit dibuat!" Lagipula ini kan turnamen khusus cerpen, bukan format lain.
Waktu prelim saya pernah beri nilai 3 ke salah satu entri karena dia masukkan format naskah drama sekolah alih-alih cerpen. Kalau kamu nggak berusaha sampai format sekreatif ini, dari segi ceritanya saja nilai dari saya nggak bakal lebih dari 3.
Saya bilang ini selaku developer game pakai RPG Maker dan sudah pernah ikut lomba2 di media yang sama lho. Seandainya saya ikut lomba game RPG Maker terus isi gamenya text-ilustrasi aja seperti cerpen, nggak ada gameplaynya saya pasti didiskualifikasi, dapat nilai minimal atau disuruh ikut lomba Visual Novel saja.
Jadi, saya beri skor 8 semata-mata untuk effort dan kreativitasnya yang luar biasa, nothing more. OC: Vajra
pada awalnya, aku sempat minder, karena inovasi entrant ada yang out of the box seperti dirimu. I salute you for that, may be kalau bisa, aku kasih nilai 10. Tapi... untuk entry ini, aku tidak menikmatinya. sama sekali. Bikin jengkel, frustasi. Di klik kedua atau ketiga saya udah bisa membaca kalau Ananda health bar nambah dan Lynn berkurang, lalu klik-klik-klik-klik random antara serang rapal lari lalu debuff atau nuke (aku nggak tahu apa itu debuff atau nuke), dammit, this makes me frustrated. Ini menyiksa buat saya... endingnya 90-5 untuk ananda, dan aku nggak mendapat hadiah apapun, misalnya separagraf atau dua paragraf atau sebuah tulisan yang bisa memanjakan imaji saya... and really wasting my time.
maaf, beribu maaf, nggak berani tinggalin nilai karena takut salah. karena saya bukan penggemar game, maka tidak paham, dan saya juga nggak memahami bagaimana sulitnya mas har membuat ini. jadi saya ninggalin komen aja.
Inovasi Mas Har patut dipuji, gak banyak penulis yg bisa bikin karya interaktif. Ada nuke debuff dsb. Istilahnya nyeleweng dari peraturan tapi nyelewengnya keren.
Cuma aja minusnya, nyaris gak ada aspek kepenulisan yg bisa dinilai di sini, cuma battlenya aja dan itu pun kurang. Sementara dialog, karakterisasi, interaksi, storytelling, dsb ya minim atau nggak ada.
untuk kreatifitasnya sih mas har patut dapet jempol, setelah saya memainkan gamenya. saya bisa menang dengan Hp ananda menyampai 22 point dengan serangan ejekan "nuke" sebagai finisher attack. tapi sempat membuat saya sempat kecewa untuk beberapa hal karena tidak sesuai harapan, selain itu entri ini untuk di sebut sebagai sebuah "cerita", narasi dalam game ini kurang memuaskan, bahkan saya bingung kenapa bisa mereka ujug-ujug duel gitu aja..
Milk: Namaku Milk, shushu. Ini pertamanya pakai generator, ya, shushu. Karena sangat berbeda dari kisah lain yang sudah dibaca, cara nilainya juga jadi beda, shushu. Tentang pemilihan warna, shushu. Di awal, ada kotak dialog yang kelihatannya berwarna kuning dan pink, shushu. Kuning biasanya dipakai untuk menonjolkan suatu hal, suatu yang eksentrik, atau dalam komposisi tepat bisa meningkatkan konsentrasi (tanpa harus mendominasi) pada keseluruhan coretan, bagus buat jadi awalan unik yang bisa mempertegas permulaan entri setelah gambar grim reaper yang ngethumbnail muka panitia, shushu. Terus ada pink, umumnya sih buat menciptakan atmosfer ketenangan, feminim, cinta, dan sebangsanya, dan cocok dipakai setelah suatu yang gelap dan terfokus, shushu. Ada lagi surat pemberitahuan dari maid, terus gambar menu awal di ujung scroll, yah, intinya, buat sesuatu yang unik dan kreatif, apa-apa aja yang dipake di sini benar-benar cukup membantu, shushu.
"Bantal pergi*
*Guling in frame*
*Guling diseret keluar*
*Selimut in frame*
Cloud: H-hai, namaku C-cloud. Cuma mau bilang ... a-apa, ya?
*Selimut keluar*
*Kasur in frame*
White : Perkenalkan, nama saya White. Langsung saja, saya akan membahas permainan Ananda ini. Atau mungkin menceritakan pengalaman saya ketika bermain. Mulai dari start, ready, fight. Lanjut ke serang, serang, serang, rapal debuff, lari, serang, serang, rapal nuke, rapal nuke, serang, rapal nuke, lari, rapal nuke, serang, rapal debuff, lari, rapal nuke. Dan menang. Total hp Ananda: 19, Lynn: 0. Ya, itu tadi cukup menghibur. Dan soal karakter, meski ada skill tirai cahaya, dan kecakapan Ananda dalam (secara tidak langsung) menjadi sosok yang provokatif, tetap terasa kurang. Mungkin itu saja. Terima kasih atas waktunya.
*Kasur pergi*
*Naga merah in frame*
Hel : Hey, namaku Hel. Kamu pohon, ya? Pasti ini lagi komental lagi. Okey, tambahannya cuma ini kelen kalena kleatif. Bye, Ananda~
*Naga merah keluar*
*Eophi bangun*
Eophi : K, Ananda ... nilainya berubah dari 8 jadi 6.
Banyak yang gabisa dinilai sebenernya, narasi terutama.
Ada elemen tulisan paling di display2 aja.
Yang paling bikin saya giggle adalah idenya fresh asakjdksdh manis kek jeruk bali. Ibarat udah serius-serius gitu ya, eh main entri ini. jadi ceria lagi deh.
ada dua ver. sih nilainya ada yang entertainment-wise sama objective-wise.
Saya lebih ngutamain entertainment kali ini. Tentu, ini cuma berlaku sekali. one-time only bikin spesial. Ananda ga bisa kayak gini kalo settingnya ga piksel. Ronde depan kek gini lagi ga bakal bagus. Pemanfaatan setting one-time only ini yahud.
tapi bukan yahudi. yahud pokonya.
JADI, 9 tanda highly outstanding tapi mengorbankan banyak elemen kepenulisan yang emang gimana lagi, kaga bisa dinilai.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKomen saia delete karena admin sigap benerin linknya :D
DeleteBangke kamu Har. Ini reaksi saya sama kayak ngeliat R1 Ronnie kemaren
ReplyDeleteIni ga bisa dinilai buat tulisan. Ga ada muatannya sama sekali. Mau saya kasih 1 juga mungkin terlalu baik, karena ini ga pake plot atau mainan karakter atau apa
Pun demikian saya impressed, dan nilai penuh buat inovasi dan eksperimennya
Dari saya 10
[OC : Dyna Might]
Mungkin tema yang cocok buat BoR tahun ini adalah experience, karena emang formatnya bukan tinta di atas kertas =))
DeleteSaya antara mau muji dan ngumpat :v
ReplyDeleteMujinya karena entri ini sesuai kata Kak Sam, inovatif. Pake banget. Tp umpatannya ya itu, ini kan battle tulisan, jd kalau pakai cara yg bener" ala game. Alih-alih ajang menulis, malah jatuhnya main game.
Maaf kalo komennya gini. Saya g mudeng soal bikin" game kaya di atas ._.
Skor dasar: 5
+ 5 karena kreativitasnya. Bener" gak terpikir saya ke sini.
- 1 karena agak monoton
+ 1 gambarnya bagus-bagus
- 1 kurang banyak gamenya XD
- 2 sementara penulis lain mikirin epic plot, narasi, sm karakterisasi, sampe bela"in baca entri lawan. Pokoknya sibuk improvisasi, ini mlh pake pendekatan ala game. Gak mainan plot maupun karakterisasi.
Jadi skornya 7 dulu ya~
OC: Ahran
Jangan salah >.< itu saia sampe baca charsheet secara mendalam buat bikin battlenya. Kekuatan Liona Lynn perlu banyak variabel. (Oke, cuma 4 variabel, tapi tetep aja rumit, dan keempat-empatnya saling berhubungan pula.) Bahkan dari dialog di entri ini pun saia pelajarin cara Lynn bicara dari entri-entri sebelumnya.
DeleteMungkin hal-hal detail kayak begini cenderung loss buat orang yang langsung kena efek wow dari formatnya kali ya.
Wat...
ReplyDeleteJust.... WAT
Anjir systemnya kok keren.. Jujur saya ga kebayang ini buatnya kaya gimana.. Lebih dari itu, saya terkesan dengan inovasi yang Harhar buat ini.
Saya kasi 10 buat Harhar.
Bun the Bubble
Bikin pake Twine 2, gampang loh. Tapi kalo mau pake Twine 2 buat bikin RPG ya susah :v
DeleteWat...
ReplyDeleteJust.... WAT
Anjir systemnya kok keren.. Jujur saya ga kebayang ini buatnya kaya gimana.. Lebih dari itu, saya terkesan dengan inovasi yang Harhar buat ini.
Saya kasi 10 buat Harhar.
Bun the Bubble
Oke, saya sangat terkesan dengan kreatifitasnya, tapi balik lagi ke masalah selera pribadi.
ReplyDeleteKetika saya datang ke sini, saya ingin membaca cerita, saya bersiap untuk membaca cerita, bukan online VN yang ditulis oleh Michael Bay dan ceritanya seperti baru aja kena kampak dari produser.
Maaf, Har
Poin 5
Zoelkarnaen
OC: Caitlin Alsace
Ahahahah, yang penting bisa menghibur deh~
DeleteWanjiiir, kreatip lah XD
ReplyDeleteSetelah kemarin Ronnie R1, sekarang ini, kayaknya tren BOR taun ini tuh mulai menjauh dari gaya tulis konservatif, lebih bebas & nakal kalo boleh dibilang :D
Untuk kreativitasnya saya kasih nilai sepuluh, tapi kalo boleh saya bilang secara keseluruhan banyak minornya, jadi...
Nilai: 8 for infinite creativity
Iyaaa, semoga entri lain juga makin ke depan makin beragam >.<
Delete- ilmu terlalu imba.
ReplyDelete- 'game'-nya masih bisa dimainin walau pun musuh dah KO.
= bikin game/visnov repot dan susah ya :v
+ holy shit har, holy shit.
... bagaimana ak harus menilai ini? :v 8/10 untuk faktor entertainment dan kejutan.
Debugging cuma 15 menit, enggak pake balancing sama sekali, jelas lah ya unsur gamenya bakal ngaco =))
DeleteAyo ayo bikin beginian juga di Twine!
Wanjiiir, kreatip lah XD
ReplyDeleteSetelah kemarin Ronnie R1, sekarang ini, kayaknya tren BOR taun ini tuh mulai menjauh dari gaya tulis konservatif, lebih bebas & nakal kalo boleh dibilang :D
Untuk kreativitasnya saya kasih nilai sepuluh, tapi kalo boleh saya bilang secara keseluruhan banyak minornya, jadi...
Nilai: 8 for infinite creativity
Hmm, saya bingung euy nilainya gimana... Menarik sih idenya, tapi gimana ya, masukin game VN di kompetisi menulis itu... Hmm... Yah pokoknya saya terhibur si, tapi ga tahu mau kasi nilai berapa... ^^
ReplyDeleteSudah 5 kali saya dibikin pusing sama Ananda.
ReplyDeleteYha.
Saya baik lho.
Bener.
Kreatip sih..
10
(;
Fatha a` Lir
ini saya bingung, di mana ceritanya ( . .)
ReplyDeletebtw, karena ini jadi cuma mainan, makanya nilainya jg tentang mainan yha?
oke, kita mulai:
1. Ini gamenya kayak sekadar serang-ngejek-lari (heal)
terus Ananda bisa lari, lari jadi heal, sementara Lynn enggak bisa.
2. Kalau saia ga pake lari nya, Ananda gampang banget kalah. Coba tiga kali, Ananda kalah 2 kali.
3. Pun kalau mau dibikin Lynn bisa heal, which mean dibikin simple misal dia heal kalo bar di bawah brp dan cuma bisa heal brp kali satu turn, itu bisa jadi malah kayak endless battle uwu
4. Terus setelah kalah, HP Ananda yg 0 masih bisa nyerang? (iya, saia ga teken lagi tombol ready nya, soalnya di bawah ada gambar Lynn dan Ananda dengan HP yang masih 0, jadi saya coba main yg itu)
5. HP nya bisa minus. Kondisi game apa yang HP bisa minus ._. ngutang gitu yha wwww
6. Serang-Rapal-Lari. terus di dalam Rapal, malah ada "Debuf sama Nuke) bahasanya gimana toh mz ndag konsisten ._.
7. Itu heal pake lari ena banget. Klik aja berkali-kali sampe HP berapapun udah absolute menang
8. Ternyata saya siapin HP Ananda sampe 40 pun tetep sulyt menang. Hoki saia tjupu mungkin uwu
Ah... akhirnya menang. yosh, saia ga terlalu banyak bisa komentar sebenernya. ga ada yang bisa dikomentarin malah. bisa dibilang, coba"nya hampir gagal mz, maaf...
jadi ini entry, dipandang dari sisi cerita, nilainya nol. tapi dipandang dari sisi game juga, banyak bug, balancingnya parah, dan ga berasa BoR nya.
maksud saya, mungkin kalau si Lynn dikasih semua slot skillnya, ananda juga dikasih semua slot skillnya, terus diakalin gimana bisa lawan-lawanan, bakal jadi keren ini game.
jadi unsur game nya juga cuma setengah. sepertiga malah.
kalo diliat dengan poin minus di atas, 10-8 = 2, tapi karena Ananda tadi tiba-tiba nge heal pas saia mau kasih nilai, poinnya jadi +3
jadi nilai 5/10 buat entri ini deh.
semoga beruntung ^.^
-Eumenides/Puppet-
tambahan : terus ada fungsi back yang saya enggak ngerti kenapa ada. dan malah ngancurin fungsi gamenya banget. jadi bisa "reload" gitu (dibalik heal imba yang bisa numpukin HP)
Deletedan ngejek jadi crit? wwwww oke juga sih. hhe.
yha, segitu aja x mz, mungkin semuwa yang bisa saya jelaskan alih-alih belajar jadi game tester (yaelah game tester aja pake belajar)
3. Lynn bisa heal. Semua skillnya Lynn sesuai sama charsheet :D dan di charsheet emang syarat healnya banyak.
DeleteSisanya ya emang begitulah :v :v :v
wah bro, saya puji kreativitasnya.
ReplyDeleteCuma, ea, cuma nih ya, meski saya suka eksperimen, tp engga semelenceng ini juga kali yha sampe ganti haluan geser media xD
anyway, saya heran kenapa mba aliando kalah mulu, saya coba 2x aja menang terus www....
Skor: 7
OC: Vi Talitha
hoki saya ada batasannya mz, ndag kayak HP Ananda u,u jadi mesti ngatur strategi pakenya wwww
DeleteKemaren ada yang coba sampe HPnya Ananda 1000 :v
DeleteWhat the actual... I can't even....
ReplyDeleteDemn, saya mau muji "Ini kreatif! Out of the box, bravo!" tapi kayaknya udah banyak yang melontarkan sejenis di atas, bahkan sampe panen nilai sepuluh pula :O
Congrats :D
Saya salut banget, entry om Har bener-bener "Nabrak" ke mana-mana, gak cuma ngancurin pakem "ini tulisan loh" tapi juga bikin pembaca kudu ikut berjuang biar si Ananda bisa menang.
Jujur aja, saya stuck di battle scene-nya, buff-nuke-serang-lari....
10 menit saya ngeklik, undo, karena gak ngerti, klik, undo, klik, kundo sambil ngumpat, "Jrit, ini kapan selesainya?"
Turns out, saya ternyata gak memperhatikan nilai MP sama health point Ananda dan Liona di atas sana. Saya gak sadar kalo tiap keputusan yang diambil (meskipun repetisi, "Ananda lari, dapet MP euy~" ternyata ngaruh juga ke point.
Konyol emang, tapi setidaknya saya berhasil membuat si Ananda menang
:v
Point : 9
OC : Sanelia Nur Fiani
Pas pertama nyusun battlenya, Ananda malah enggak bisa menang sama sekali ._. dua turn langsung mati...
DeleteYeah, terus-terang bro, dilihat dari segi cerita dsb, karena formatnya pakai media lain selain text yang bisa dibaca langsung di blog, saya hanya bisa bilang, "Curang! Game HD kan jauh lebih sulit dibuat!" Lagipula ini kan turnamen khusus cerpen, bukan format lain.
ReplyDeleteWaktu prelim saya pernah beri nilai 3 ke salah satu entri karena dia masukkan format naskah drama sekolah alih-alih cerpen. Kalau kamu nggak berusaha sampai format sekreatif ini, dari segi ceritanya saja nilai dari saya nggak bakal lebih dari 3.
Saya bilang ini selaku developer game pakai RPG Maker dan sudah pernah ikut lomba2 di media yang sama lho. Seandainya saya ikut lomba game RPG Maker terus isi gamenya text-ilustrasi aja seperti cerpen, nggak ada gameplaynya saya pasti didiskualifikasi, dapat nilai minimal atau disuruh ikut lomba Visual Novel saja.
Jadi, saya beri skor 8 semata-mata untuk effort dan kreativitasnya yang luar biasa, nothing more. OC: Vajra
Ahaha, untungnya ini bukan lomba RPG Maker =))
DeleteYeah, untungnya bukan.
Deletepada awalnya, aku sempat minder, karena inovasi entrant ada yang out of the box seperti dirimu. I salute you for that, may be kalau bisa, aku kasih nilai 10. Tapi... untuk entry ini, aku tidak menikmatinya. sama sekali. Bikin jengkel, frustasi. Di klik kedua atau ketiga saya udah bisa membaca kalau Ananda health bar nambah dan Lynn berkurang, lalu klik-klik-klik-klik random antara serang rapal lari lalu debuff atau nuke (aku nggak tahu apa itu debuff atau nuke), dammit, this makes me frustrated. Ini menyiksa buat saya... endingnya 90-5 untuk ananda, dan aku nggak mendapat hadiah apapun, misalnya separagraf atau dua paragraf atau sebuah tulisan yang bisa memanjakan imaji saya... and really wasting my time.
ReplyDeletemaaf, beribu maaf, nggak berani tinggalin nilai karena takut salah. karena saya bukan penggemar game, maka tidak paham, dan saya juga nggak memahami bagaimana sulitnya mas har membuat ini. jadi saya ninggalin komen aja.
OC: Mima yang kurang piknik
ReplyDeleteFatanir - Po
Inovasi Mas Har patut dipuji, gak banyak penulis yg bisa bikin karya interaktif. Ada nuke debuff dsb. Istilahnya nyeleweng dari peraturan tapi nyelewengnya keren.
Cuma aja minusnya, nyaris gak ada aspek kepenulisan yg bisa dinilai di sini, cuma battlenya aja dan itu pun kurang. Sementara dialog, karakterisasi, interaksi, storytelling, dsb ya minim atau nggak ada.
Nilai dariku 5/10
Frost
ReplyDeleteSitu memberikan hasilnya dalam digital CYOA, maka akan saya berikan nilai untuk Digital CYOA.
1. Terkesan Lazy karena pilihannya cuman 3, terus kebanyakan dari pilihan itu Looping semua
2. HP dan Ananda yang bisa diabuse malah bikin karya ini gak balance.
3. walau ada narasi dan banyak hal lainnya Digital CYOA ini tidak memiliki narasi yang sepanjang atau minimal bikin pembaca immerse ke dalam kisahnya.
4. MANA PIXELATED CHARACTERNYA? padahal kalau gambary lyona itu dibikin Mozaik mungkin dapat +1
semua, minus diatas menjadi nilai Ananda 6/10
untuk kreatifitasnya sih mas har patut dapet jempol, setelah saya memainkan gamenya. saya bisa menang dengan Hp ananda menyampai 22 point dengan serangan ejekan "nuke" sebagai finisher attack. tapi sempat membuat saya sempat kecewa untuk beberapa hal karena tidak sesuai harapan, selain itu entri ini untuk di sebut sebagai sebuah "cerita", narasi dalam game ini kurang memuaskan, bahkan saya bingung kenapa bisa mereka ujug-ujug duel gitu aja..
ReplyDeleteJadi nilai untuk ananda ...
7 dari 10 :D
Khanza
Eophi: Ng, Ananda. Oke ... nilai 8.
ReplyDelete*Eophi tidur*
*Sebuah bantal in frame*
Milk: Namaku Milk, shushu. Ini pertamanya pakai generator, ya, shushu. Karena sangat berbeda dari kisah lain yang sudah dibaca, cara nilainya juga jadi beda, shushu. Tentang pemilihan warna, shushu. Di awal, ada kotak dialog yang kelihatannya berwarna kuning dan pink, shushu. Kuning biasanya dipakai untuk menonjolkan suatu hal, suatu yang eksentrik, atau dalam komposisi tepat bisa meningkatkan konsentrasi (tanpa harus mendominasi) pada keseluruhan coretan, bagus buat jadi awalan unik yang bisa mempertegas permulaan entri setelah gambar grim reaper yang ngethumbnail muka panitia, shushu. Terus ada pink, umumnya sih buat menciptakan atmosfer ketenangan, feminim, cinta, dan sebangsanya, dan cocok dipakai setelah suatu yang gelap dan terfokus, shushu. Ada lagi surat pemberitahuan dari maid, terus gambar menu awal di ujung scroll, yah, intinya, buat sesuatu yang unik dan kreatif, apa-apa aja yang dipake di sini benar-benar cukup membantu, shushu.
"Bantal pergi*
*Guling in frame*
*Guling diseret keluar*
*Selimut in frame*
Cloud: H-hai, namaku C-cloud. Cuma mau bilang ... a-apa, ya?
*Selimut keluar*
*Kasur in frame*
White : Perkenalkan, nama saya White. Langsung saja, saya akan membahas permainan Ananda ini. Atau mungkin menceritakan pengalaman saya ketika bermain. Mulai dari start, ready, fight. Lanjut ke serang, serang, serang, rapal debuff, lari, serang, serang, rapal nuke, rapal nuke, serang, rapal nuke, lari, rapal nuke, serang, rapal debuff, lari, rapal nuke. Dan menang. Total hp Ananda: 19, Lynn: 0. Ya, itu tadi cukup menghibur. Dan soal karakter, meski ada skill tirai cahaya, dan kecakapan Ananda dalam (secara tidak langsung) menjadi sosok yang provokatif, tetap terasa kurang. Mungkin itu saja. Terima kasih atas waktunya.
*Kasur pergi*
*Naga merah in frame*
Hel : Hey, namaku Hel. Kamu pohon, ya? Pasti ini lagi komental lagi. Okey, tambahannya cuma ini kelen kalena kleatif. Bye, Ananda~
*Naga merah keluar*
*Eophi bangun*
Eophi : K, Ananda ... nilainya berubah dari 8 jadi 6.
Banyak yang gabisa dinilai sebenernya, narasi terutama.
ReplyDeleteAda elemen tulisan paling di display2 aja.
Yang paling bikin saya giggle adalah idenya fresh asakjdksdh manis kek jeruk bali. Ibarat udah serius-serius gitu ya, eh main entri ini. jadi ceria lagi deh.
ada dua ver. sih nilainya ada yang entertainment-wise sama objective-wise.
Saya lebih ngutamain entertainment kali ini. Tentu, ini cuma berlaku sekali. one-time only bikin spesial. Ananda ga bisa kayak gini kalo settingnya ga piksel. Ronde depan kek gini lagi ga bakal bagus. Pemanfaatan setting one-time only ini yahud.
tapi bukan yahudi. yahud pokonya.
JADI, 9 tanda highly outstanding tapi mengorbankan banyak elemen kepenulisan yang emang gimana lagi, kaga bisa dinilai.
9/10
OC; Wildan Hariz
no comment
ReplyDeletesaya menilai dari enjoyment saya. so, this is 10/10
ReplyDeleteagak kaget pas di chat dimdim apa ya bilang "duh saya kalah"
wat? bisa kalah? saya 2x coba dan menang. how to loseee????
-1 karena bikin saya buka web baru di saat kuota kritis #plak
ofc no, becanda.
still 10/10
overall, i totally enjoyed this.
salam sayang~
Avius Solitarus