26.4.15

[PRELIMINARY] KUMIRUN – TUE-TUE KELADI

[PRELIM] KUMIRUN – TUE-TUE KELADI
penulis : Muhamad Mustofa

Ini cerita nih bukan sembarang cerita. Dulu pernah idup tuh si tentare mude yang ditakutin sama kumpeni Belande di kolong jagat Jakarte. Sekarang die juga masih idup sih, tapi ya intinya cerita ini tentang si tentare. Dulunya die mude, terus sekarang udah tue, terus karena suatu musabab die jadi mude lagi. Kagak gitu logis emang, tapi ya gitu deh kenyataannye.

Nama die Kumirun bin Jabbarun. Waktu die mude, saban harinye diabisin buat berantem ngelawan penjajah, ngelawan kumpeni Belande, ngelawan Nippong. Maklum aje, die hidup di jaman penjajahan. Kagak kehitung berapa banyak peperangan yang die jabanin, kagak kehitung juga berapa kali die mesti ngumpet-ngumpet gerilya buat bertahan idup. Kumirun kagak suka berantem sambil kabur-kaburan, tetapi die nurut aje sama setrateginya komandan, dan sukur deh jadinye die bisa idup sampe sekarang. Bisa hidup sampe jadi engkong-engkong tue bangke.


Nah, sekarang Indonesia udah lama merdeka. Tapi ternyata kondisi Jakarte ya gini-gini aje. Rakyatnye masih banyak yang melarat, kali-kali banyak sampahnye, banjir tiap tahun kagak pernah kebendung, terus muda-mudi pada hobi ngedugem hura-hura. Dan yang paling bikin kesel Kumirun ya soal kriminalitas, kenapa banyak banget orang bloon yang malah menempuh jalan hidup jadi garong, jadi maling, jadi pemerkose, jadi tukang palak, jadi pembunuh? Ini apa gunanye Indonesia merdeka kalo rakyat jelata kagak bisa tentram hidupnye?

Kumirun gundah. Jiwa pahlawannye tergugah deh. Tapi namanya die udah tue, kagak bisa ngapa-ngapain waktu dia nyobain jadi sok pahlawan. Sewaktu ada cewek centil yang mau digodain terus mau diperkosa ama tiga pemude, kong Kumirun langsung turun tangan ngebelain si cewek. Eh malah Kong Kumirun dihajar habis-habisan ama tiga pemude ntuh, die kira mereka bisa dinasihatin pakai kate-kate, tapi kayaknye mereka emang udah mati hatinye.

Terus Kumirun berdoa ke Yang Maha Kuase. Ya Alloh … Indonesia ude merdeka dari kapan tau,, tapi kenape pemude–pemudenye malah kacau begini?? Ini orang baik pade kemane? Andai aye masih mude kayak dulu waktu ngelawan kumpeni Belande,,, aye sendiri nyang bakal ngasi pelajaran berharge buat ntuh para pemude..

Nah itu die tuh saat pertama kalinye karomah Kumirun bangkit. Gerimis turun dari langit, terus tubuhnye jadi seger lagi kayak dulu. Keriputnya ilang. Ubannye balik jadi item. Ototnya sterk lagi. Habis itu gampil deh bagi die buat ngasih pelajaran ke tiga pemude itu. Dicocol dikit juga udah nangis mereka. Terus Kumirun kagak lupa nasihatin si cewek biar kagak keluyuran lagi kalo uda lewat malam hari. Beres semua itu, badan Kumirun kembali seperti sediakala, tue, keriput, ubanan, bongkok. Ternyata karomahnye emang cuman bisa dipake barang 10 menitan. Tapi itu juga udah bikin Kong Kumirun jejingkrakan, walau abis itu die langsung encok. Intinye si engkong seneng banget bisa kembali mude biarpun cuman sesaat.

Jiwa kepalawanan Kumirun terus bangkit. Pokoknye karomah ini kagak boleh disia-siain. Tiap malem deh tuh Kumirun patroli nyari-nyari orang yang hobi nyari masalah. Maling pada ditangkepin, rampok dihajar batang idungnye, bahkan begal-begal imporan dari Lampung juga dijungkir balikin motor-motornye. Kumirun mude emang bukan sembarang jagoan.

Tapi namanye kisah hidup, ya pasti suatu saat datang sedih juga. Dan ini sedihnya kagak tanggung-tanggung. Kini Kumirun cuman bisa ngeliat badan Munirun, adeknye, yang sekarat kelojotan sewaktu elmu pesugihannye lenyap. Kenape sih lu Munirun? Kenape mesti nempuh jalan setan buat dapetin duit doang? Saudara Kumirun satu-satunye, yang dulu dianggap udah hilang, sekarang malah nongol sebagai perampok bengis yang suka ngebunuh korbannye. Dan kepaksa deh Kumirun yang mesti ngasih pelajaran ke Munirun.

"Ya Alloh, Munir … Munir, cepetan tobat lu. Mumpung masih ade napas. Nyebut, Nir, nyebut."

Mata Munirun berkaca-kaca ngeliat keriput wajah Kumirun abangnye, "M-maapin gue bang …." Trus napasnye Munirun ilang juge.

Nangis deh Kumirun ngeliat adeknye, saudara atu-atunye, malah tewas di tangan die sendiri. Mana matinye juga su'ul khotimeh, ngeri Kumirun ngebayangin adeknye disiksa di neraka lantaran dosa sirik sekutuan ama jin.

Nyesel Kumirun, mikirin jalan idupnye kayak lorong gelap yang sempit. Cuman bisa jalan lurus maju kagak merhatiin siape-siape yang ade di kiri-kanannye. Die sibuk ngadepin kumpeni Belande sementare adeknye dibiarin aje idup sendiri. Mungkin ini tegoran dari Yang Maha Kuase biarpun Kumirun ngerasa ini tegoran kok datangnye telat amat. Tapi jalan idup Kumirun belom berakhir, die punya karomah yang mesti ditanggungjawabin.

Terus pada suatu malam gerhana bulan, waktu Kumirun lagi nyendiri aje di kamar gubuknye, ada suatu peristiwa yang rada aneh. Kumirun lagi solat malem sambil bedoa minta ampun. Die udah beneran kapok berantem lagi. Cukup deh die nguburin saudaranye sendiri, cukup, jangan ada lagi yang mati kebunuh sama jurus silatnye. Karomahnye beneran kagak bikin hidup jadi lebih tenang. Badan bisa kembali mude, tetapi hati tetep hati tue yang udah kelewat rapuh buat ngadepin segala angkaramurke.

Tapi Allah Yang Maha Kuase kagak ngizinin Kumirun buat istirahat begitu aje. Atas kuasa-Nye, tetiba turun suatu kertas yang isinye undangan.

"Ngah? Apaan nih surat aneh turun dari loteng? Udah gua tambal kemaren gentengnye emang sekarang bocor lagi, ye?"

Dicomot surat undangan itu ama Kumirun, eh tapi die kagak bisa ngebaca tulisan yang tertulis di situ. Maklum, dari dulu juga die lemah soal baca tulis. Ngaji juga cuman bisa abatasa dasar. Tapi Kumirun bisa ngeliat kayak ada kolom di kanan bawah, Kumirun tahu tuh, sering die liat di slip gaji pensiun yang saban bulan diambilnye. Ya udeh, Kumirun langsung nyoret kolom itu pakek tandatangannye.

Ajaib pokoknye! Sehabis Kumirun ngasih tanda tangan, tubuhnye langsung dicaplok sama cahaya yang terangnye kagak ketulungan. Terus sewaktu cahaya itu ilang, ilang juga sosok Kumirun. Di mana die sekarang?

Cerita Kumirun nih, baru dimulai dari sini. Kumirun dan karomahnye bakal terus diuji. Kumirun jadi peserta di ajang turnamen Beranteman dari penjuru Alam Semesta.

---

Kumirun nongol di tengah-tengah halaman, banyak banget orang di sekelilingnye, ngumpul semua gelesoran. Dari roman-romannye nih ye, semua pada kebingungan gitu. Sama aje kayak Kumirun sekarang.

"Lah, gua di mana nih? Perasaan tadi masih di gubuk? Ini mimpi atau apaan??"

Terus Kumirun ngeliat di depan ada kastil kayak punya kumpeni, terus di teras kastil kumpeni itu nongol dua orang aneh. Yang satu pemuda, setidaknya bagi Kumirun keliatan masih muda, tapi rambut udah sama putihnya sama Kumirun, beda panjang doang. Yang atu lagi, ini yang aneh bin ajaib, itu dadanye kayak habis dioperasi pelastik, bisa gede itu entah dikasih makan ape tiap harinye.

Si bohai dan si pemuda ubanan gantian ngomongin sesuatu, Kumirun kagak ngerti mereka ngomong apaan. Malahan, Kumirun langsung nyari temen ngobrol, kebetulan di sebelahnya ada juga kakek-kakek yang keliatan sama tuanye sama die.

"Eh lu, Tua Bangke, gua nanya dong ama elu. Kenapa kita bisa ada di mari, nyak?" nyolot Kumirun, nyapa tapi nggak sopan.

"Eh anying! Siapa yang Tua Bangka? Aing masih muda, keles!" bales kakek yang disapa sama Kumirun, "Nama aing Entar Kusuma! Panggil aing Ki Kusuma,, kalo maneh kagak mau aing sirep pakek jejampi!"

"Ha? Namalu siapa?" kuping Kumirun mulai budek.

"Entar Kusuma!"

"Entar? Gua nanyanye sekarang, lu mau jawab entar!"

"Entar itu nama aing, anying! Atau maneh bisa panggil aing Ki Kusuma!"

"Kusuma? Kok kayak nama cewek aje. Nama bunge. Elu banci, ye?"

"Eh anying! Mulut dijaga dikit, napa?"

"Ape?" kuping Kumirun budek lagi. TUT—malah kentut Kumirun yang ngejebrot. Si kakek yang namanye Kusuma makin keki, tapi mau gimana lagi? Tahu-tahu badan mereka udah disedot sama semacam lubang item kayak di cerita-cerita sensfiksi gitu.

Bukan cuman Kumirun ama Kusuma, tetapi kayaknya semua orang yang tadinya ada di taman, semua kesedot sama lubang, ada yang lubangnya samaan, ada yang bedaan. Kagak lama deh tuh, semua udah dihisap lubang, yang ntarnye bakal dipindahin ke suatu arena gitu. Tinggal si bohai ama si pemuda gondrong ubanan yang ketawa-ketiwi sendirian, atau beduaan. Pokoknye, segala rencana mereka udah mau dimulai, entah rencana apa.

---

Tahu-tahu aja Kumirun sama Kusuma udah ngejeprak di semacem padang pasir, terus hari udah malem, ada bulan, dan ribut banget. Itu di depan sana kayak lagi ada perang, atau bukan kayak lagi...tapi emang lagi ada perang! Kumirun langsung nelen ludah, ngerasain lagi gimane suasana peperangan. Tapi yang ini nih bukan sembarang perang, melotot deh Kumirun ngeliat siapa aje yang lagi gempur-gempuran di depan sono.

Di satu sisi ada tentara manusie, tapi perlengkapan perangnye kagak pernah diliat ama Kumirun. Pake pedang, pake tombak, pake golok, tapi pakek senapan canggih juga kayak di pilem sensfiksi. Terus lawan mereka tuh yang bikin Kumirun keder. Ada ager-ager gede, idup, bisa bawa-bawa piso. Ada monster yang kayak tuyul, kecil botak, tapi suka ngegeragotin kepala orang idup-idup. Ada juga buto ijo, badannya segede gaban, mainan pentungan yang gede banget, itu tentara manusie sampe dibikin terbang tinggi sekali ayun aje.

"Bertahan hidup, lalu nanti bakal ada monster kuda namanya Tamonrah, mesti disegel caranya dengan menghancurin dua menara di situ," seorang cewek mungil berdandan kayak babu kumpeni ngejelasin. Belum sempet Kumirun ngerti, cewek babu kumpeni itu udah ngilang lagi aje. Ajaib, pokoknye.

"C-cuman kita beduaan ini mah? Anying sia!!" Kusuma maki-maki, gigi palsunye ampir lepas dari congornye.

"Etadi si bocah babu kumpeni ngomong apaan yak?" tanya Kumirun.

"Si awewe bilang kalo kita mau lolos hidup-hidup dari sini, mesti ngebantai ntar ada monster namanya Tamonrah. Terus tadi si awewe ngomong sesuatu soal dua menara tapi aing lupa detilnya gimana."

"Dasar tue bangke pikun! Gimane bisa lupa ame yang penting gitu?"

"Lah, maneh juga tua bangka budek! Nyolot terus minta aing bantai heh, maneh?! Gini-gini aing pernah jadi tukang santet militer!"

"Somplak luh, berani mau ngelawan gua, Kumirun dari Rawabangke yang ditakutin sama orang seibukote?!"

Dua kakek-kakek itu udah makin esmosi, siap buat mulai nonjok. Tetapi namanye juga orang tue, encok mereka kumat deh. Belum apa-apa, mereka udah pegel linu, kecapekan, terus istirahat duduk.

"Anying, encok aing kumat maning. Ngeselin pisan, euy..!"

"Lu mah baru encok gitu aja udah loyo."

"Emangnya maneh kagak?"

Mulai lagi deh duet tua bangke itu ribut sendiri, gontok-gontokan kayak nggak tahu umur. Lagi meleng-melengnye, muncul deh sesosok monster mukanye kayak kucing garong. Kayaknye die misah dari rombongan terus malah ngincer engkong-engkong. Udah mau nyakar pakai kuku tajem die, eh tapi ternyata engkong-engkong itu bukan engkong-engkong biase. Kumirun ama Kusuma langsung siaga nyomot tongkat masing-masing, terus dipakek deh buat nyodok muka jelek si monster. Si monster uda keburu lari maju, kepentok sama moncong tongkat, gedebruk jatoh, pingsan sendiri die.

Kumirun Kusuma saling ngelirik.

"Eh elu cepet juga ngambil tongkatnye, bisa barengan ama gue."

"Aing militer dulunya, maneh juga kayaknya bukan bohongan pernah jadi jagoan di Rawabangke."

"Gua juga tentara dulunye, udah ngebantai ratusan kumpeni."

"Terus sekarang kita gencatan senjata bentar nih, anying?"

"Oke deh, nyet. Tapi elu kalau bisa di belakang gue aje. Elu cuman tukang santet, gua lebih pengalaman di garis depan."

"Maneh nyari mokat di garis depan? Mendingan nyari tempat aman deh, anying! Kita main tembak-tembak aja."

Maka dimulai deh legenda tue-tue keladi. Cuman beduaan, Kumirun dan Kusuma nyerbu maju, meski badan mereka udah bau tanah, tetapi semangat tetep membara. Gelora perang kagak bikin nyali dua akik-akik mantan tentare ini ciut, justru mereka serasa kayak hidup lagi.

Kumirun langsung nyomot beberapa biji senapan mesin yang awut-awutan di sekitar mayat-mayat tentare manusie yang begelimpangan, Kusuma juga ngambil senapan futuristik. Terus mereka bedua tinggal nyari undakan buat pelindungan, senapan langsung nembak.

DOR DOR DOR! DORRRRRR!!

Ditembakin deh tuh segala monster jejadian ama si engkong Kumirun. Senapan mesin yang dipegangnya kini bukan sembarang senapan, gede banget tenaganye, sampai pelurunye aje bisa ngelobangin kepala buto ijo.

"Elu semua jangan takut ama monster, Cu! Sini biar gua lindungin elu dari jauh, elu jangan takut, gua udah vetteran!" seru Kumirun kepada para tentare manusie yang sebenernye udah mau kalah.

DOBOR DOBOR DOBOOBOBORR!

Kusuma kagak mau kalah. Die punya senapan canggih banget, bisa nembakin laser. Etapi rada amburadul bidikannye. Justru beberapa tembakan malah ngebinasain prajurit sendiri. Digetok deh kepala Kusuma ama Kumirun.

"Yaelah elu gua pikir bisa nembak!"

Kusuma kesel, tapi die juga masih punya jurus simpenan. "Aing emang kagak jagoan nembak. Udah dibilangin tadi kan kalo aing maenannya jejampian dan ramuan. Nih biar aing kasih liat, biar nyaho maneh."

Terus Kusuma mulai ngerogoh daleman celananye. Die ngeluarin beberapa botol kecil isinye ramuan.

"Eh, maraneh sia, sini bantuin aing buat ngelempar racun ini!" Kusuma manggil beberapa tentara buat dimintain tolong.

Tentara itu nyiapin ketapel kecil, botol-botol itu ditarik pakek ketapel, terus WUSH dilempar jauh nyasar ke kumpulan monster. Botol-botol itu pecah, ngeluarin asep maut. Kumpulan monster pada semaput, keliyengan, pada jatoh ngedobrak sendiri. Manjur banget deh, racikan si Kusuma.

Botol-botol ramuan Kusuma terus dilemparin, makin banyak monster yang jumpalitan.

"Mereka udah sempoyongan, hajar tuh!" seru Kusuma.

Kumirun dan tentara manusie langsung beraksi. Yang tukang tembak pada nembakin dari jauh, yang pasukan infanteri pada nyerbu pakai senjata tajam nusuk-nusukin pasukan monster dari deket. Keliatannye kemenangan udah hampir diraih nih, eh tapi sekate-kate … bulan yang ada di langit malem tiba-tiba meleduk!

Ajegile! Tau-tau aje nongol kuda sembrani segede gedung! Kulitnye bekobaran kayak kebakaran, mana ada sayapnye lagih. Dan jelas banget kuda sembrani kebakaran ini ada di pihak para monster. Si kuda jingkrak langsung ngelebarin sayapnye, terus muncul ribuan panah berapi, langsung deh tuh nyebar ke segala arah. Dan kagak maen-maen die, semua yang kena panah api itu mati kebakar, mau die orang atau monster atau batu, semuanya kena.

NGHIIEEEEEK!!

Jaran edan ketawa kayak nikmatin pembantaian ini. Kumirun ngos-ngosan, tempat die berlindung udah kelalap sama api. Eh, pas Kumirun nengok ke kiri, keliat deh kondisi Kusuma. "Ha? Elu…."

Kusuma udah bolong badannye, separoh, ditembus ama panah api dari si kuda monster. Darah ngeburai dari tubuh gosongnye. Napasnye udah mau abis, tapi die masih aje sempet ngomong, "S-sori nih, bro… aing kayaknya mesti mokat…duluan….."

Satu engkong-engkong udah tiade. Tinggal satu engkong-engkong lagi, si Kumirun. Dipaksain badannye bediri tegak, matanye melotot murka, tangan nunjuk ke kuda. "Eh elu kuda sia'ul! Berani-beraninye ngebunuh temen gue baru juga kenalan tadi!"

NGHIIIIEEEK!!

"Kalo aje Yang Maha Kuase ngasih karomah sekali lagi, udah gua abisin lu kuda!"

Tiba-tiba hujan deres turun dari angkasa. Malem jadi makin dingin, apinye si kuda jadi rada ademan dikit, biarpun belom padam. Kumirun mulai ngerasain lagi tubuhnye jadi balik mude lagi. Napasnye kagak lagi senen kemis. Kagak lagi pegel linu. "Sini luh, kuda!!!" tantang Kumirun sembari ngemiringin kopiah itemnye.

Dan bener aje, si kuda langsung nyadar. Die lari maju nyasar Kumirun, langkahnye cepet banget, bikin tanah kayak lagi dilanda gempa. Mana tubuhnye juga makin bekobar, ujan deres kayak kagak ada artinye, semua air langsung nguap kalo kena apinye. Malang banget itu nasib para monster ataupun tentare yang kena seruduk sama si kuda. Badan mereka gosong kayak habis disamber petir.

Tapi Kumirun kagak takut. Jadi muda lagi, jadi makin berani. Diambil aje tuh beberapa senapan yang kececer di tanah pasir, terus Kumirun nyongsong maju ngeladenin si kuda. Dua senapan mesin dipegang ama tangan kiri dan tangan kanan, kayak Rembo, Kumirun lari sambil nembakin peluru-peluru panas. Kuda kena, tapi kagak gitu ngaruh, pelurunye kecil buat bisa ngejatuhin badannye yang segede gedong.

Terus kuda dan Kumirun hampir ketemuan, untung aje Kumirun sempet serosotan di celah kaki kuda itu, lantas nongol di belakang si kuda. Kagak kesentuh kagak kebakar. Kumirun nyomot lagi beberapa granat yang kegeletak, langsung dilemparin. MELEDUK! Kuda monster oleng dikit, kepalanye kekoyak, tapi masih idup.

NGHIIIIEEEK!!

Lagi-lagi sayap api si kuda beterbangan kesana-kemari. Tapi Kumirun gesit die belarian dan belindung di belakang monster-monster gede, monster-monster itu jadinye yang kebakar. Kumirun selamet. Trus Kumirun nyomot lagi senapan canggih yang mirip kayak yang tadi dipakek Kusuma, ditembakin deh. Kali ini mantep banget. Kepala si kuda ancur bekeping-keping. Badan yang segede gaban langsung ngejengkang, gedebug kayak gempa.

"….ngah?" tapi Kumirun langsung ngerti kalo si monster belom mati. Dan beneran deh, si kuda pelan-pelan mulai bediri lagi, kepalanye tumbuh kayak sediakala.

Trus gegara Kumirun lagi di tengah kawasan pasukan monster, monster-monster itu terang aje langsung nyerbu Kumirun dari kanan kiri depan belakang. Tapi bukan Kumirun mude kalo takut ama beginian doang. Diadepin semuanye tanpa gentar, Silat Macan Betawi bakal makan korban.

Satu monster ager-ager digiles pakek injekan kaki, mejret. Monster ager-ager lainnya ditendangin sampe pecah-pecah. Lemah amat itu monster. Tapi monster yang lain lebih gede. Tangan kanan Kumirun langsung nahan getokan pentung dari kebo yang bediri pakek dua kaki. Terus tangan kiri Kumirun nyosor ke muka si kebo, dicokot, terus ditarik sekuat tenaga. Dijedotin ke monster-monster kebo lainnye. Dateng lagi sosok yang kayak setan, tapi dibacain ayat kursi langsung musnah die. Terus Kumirun ngelancarin jurus cakar harimau tapak ganda, satu monster buto ijo yang setinggi dua meter dibikin mental ke belakang, nubruk dan nindihin monster-monster lain yang lebih kecil.

Kumirun ngambil pose kuda-kuda macan, keliatan garang, monster-monster langsung gentar.

Kumirun bisa aje ngeladenin semua monster ini, tapi karomah die kagak tahan lama. Bisa berabe kalo tiba-tiba dia balik lagi jadi mude. Untung aje di saat-saat kayak gini, ada prajurit manusie yang ngasih tahu. "Menara kembarnya, Bang! Ancurin menara kembar itu barengan, mesti hancur barengan, biar semua monster ini musnah!"

Nengok deh muka Kumirun ke arah utara, ada kastil yang di pinggir kiri-kanannye ngejulang menara kembar. Kayaknya sih itu dia menara yang dikamsud si prajurit. Mesti ngancurin menare? Kumirun ketawa, ini kayak misi die dulu sewaktu ngeledakin gedong kumpeni Belande. Siape takut?

Kumirun lari kenceng nerobos kerumunan monster. Kumirun lompat, ngejadiin bahu ama kepala monster itu buat pijakan, lincah bener die kayak macan betulan. Setiap ada serangan dari monster, tinggal lompat ngelak. Kumirun nggak bisa dihentiin, sampe nongol deh makhluk naga yang mestinya cuman ada di pilem anak-anak.

Naga itu merintang di depan kastil, langsung nyemburin napas naga. Untung Kumirun masih sempet nunduk. Ngedoprak die jatoh di tanah. Masih di tengah-tengah kepungan monster. Naga itu mulai nukik, ngincer Kumirun.

Sementara itu, kuda gaban udah bangkit lagi. Die juga lari ngejar ke posisi Kumirun sekarang, ninggalin jejak api di tiap langkahnye. Waduh, berabe nih. Ada dua jumbo nyerang dari dua arah. Tapi Kumirun kagak hilang akal. Sekarang dia hadepin dulu si naga yang lebih deket. Dipungut deh tuh pedang yang kebetulan kececer di tanah, pedang monster.

Waktu naga itu mau nyaplok, Kumirun melompat ke samping, terus langsung melompat balik sambil nusukin pedang. Tepat nancep di belakang leher naga. Tapi kulit naga tebel, belom mati die. Naga langsung terbang lagi, tapi Kumirun tetep pegangan di gagang pedang, jadinye dia kebawa terbang. Naga terbang makin tinggi, Kumirun numpang di punggungnye.

Naga itu terbang ke arah menara, bikin sistim pertahanan menara jadi aktif deh. Dua menara langsung munculin moncong-moncong senapan dan meriam, ngincer Kumirun yang dianggep sebagai penyusup. Untung aje Kumirun lagi nunggangin naga yang gede banget, jadinye tembakan apapun dari dua menara itu cuman ngenain badan si naga. Naga kelojotan dihantem sama meriam sendiri.

Terus dari arah belakang, si kuda udah makin ngedeket.

"Karomah gue ampir habis waktunye, ini mesti gua bikin cepet beres."

Naga yang udah lemah jadi sasaran Kumirun. Segala tenaga dalem dikeluarin, dikumpulin di satu telapak tangan. Begitu Kumirun ngelancarin jurus tapak harimau, ledakan enerji dahsyat kebentuk, kenceng banget bunyinye. Naga yang segede gitu pun bisa dipentalin ke bawah, tepat ngincer kuda yang larinye udah kagak bisa direm.

Naga sama kuda tabrakan, udah kayak pesawat terbang yang nyosor ke gedong bertingkat. Meledak. Hancur luar biasa. Asap tinggi ngebubung kayak bom. Naga langsung mati, tapi kuda bakal hidup lagi. Mesti segera dilakuin sesuatu, sesuai kata prajurit yang tadi teriakin Kumirun. Menara mesti diancurin.

Kumirun jatoh mendarat di tengah kastil di antara dua menara.

Monster-monster kroco yang ada di situ pada gemeteran. Dipelototin sekali sama Kumirun, pada pergi mereka kocar-kacir. Dua menara udah siap nembak lagi, tapi Kumirun udah lebih siap duluan. Die ngeluarin dua granat daya ledakan tinggi, langsung dilempar ke samping kiri-kanan.

KUMBBLEEGEEEEEEEEERRRRRR!!!!!

Dua menara meleduk sampe bekeping-keping, udah kayak dibom sama pesawat bomber. Kumirun terima kasih sama granat yang tadi die ambil dari prajurit, granat kece badai pokoknye. Dan sekate-kate, semua monster yang ada di sono mati semua. Ajaib. Terus kuda gaban yang namanye Taronmah langsung ketarik ke angkasa, NGHIEK die menjerit, tapi die kagak lagi punya daye. Kekurung lagi deh die di dalem bulan.

Karomah Kumirun abis juga. Kembali die jadi engkong-engkong yang bongkok. Terus muncul semacam gerbang ajaib di hadapannye, di tengah rerontokan puing menara, gerbang yang bentuknye kayak lubang item yang tadi ngisepin orang-orang.

TUT—Kumirun kentut lagi.

"Gua kagak tau ini gua dibawa kemane dan mau diapain. Tapi kalo elu semua nawarin perang, gua beli! Mau BOR mau BIR mau BER BUR BAR, semua gua jabanin! Enak aje lu bikin orang tua kayak Kusuma mati sie-sie! Gua balesin dendamlu, Kusuma!"

Terus masuk deh Kumirun tue ke lobang item itu dengan hati bekobar. Tugas pertama die selesai.

Dibilangin dari awal kan, kalo ini cerita bukan sembarang cerita. Ini kisahnye Kumirun, orang tue, yang bakal bikin geger dimensi lain. Salah besar kalo ngeremehin die. Veteran perang, kagak punya elmu apa-apa selain jurus Silat Macan Betawi, yang penting semangat die tetep tinggi. Naga dan kuda jabrik segede gaban aje udah die binasain. Pasukan monster die bikin kocar-kacir. Die Kumirun, jagoan dari Rawabangke.

Siap-siap deh elu semua buat ngadepin die.

87 comments:

  1. bagus , hanya saja bisa dimengerti yang bagian di alek / bahasa normal sayanya. untuk yang di alek lama saya msh blm bgtu mengerti jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum out OCnya tp saya owner Aileen XD

      Delete
    2. mohon diberi nilai untuk entry ini ya~ antara 1-10 terima kasih :D

      Delete
    3. aye kasih ente 7 nilai ye :D

      Delete
    4. makasi banyak, mpok,,, aye terime dengan senang hati

      Delete
  2. *applause*
    Saya kemarin janji bakal ngasih nilai plus kalau Kong Kumirun beneran ditulis dengan narasi gaya Betawi. Terima kasih telah membuat cerita yang sejujurnya sangat menghibur. Ini mungkin kayak oase di tengah gurun, yaelah lebay amat. Tapi ini unik. Saya baru baca satu buku Ratih Kumala yang judulnya Kronik Betawi. Salah satu karakternya ditulis dengan narasi gaya Betawi. Saya coba-coba buat, tapi emang susah. Ada nuansanya. Tulisan ini kayak membawa saya ke zaman di mana masih nonton Doel Naq Betawi.
    .
    Oh ya, kalimat "Naga itu terbang ke arah menara, bikin sistim pertahanan menara jadi aktif deh." ini rasanya asing di antara narasi gaya betawi. Mungkin karena bahasanya terlalu canggih. Tapi top markotop. Jadi submitter pertama pula.
    .
    Nilai: 9

    ReplyDelete
    Replies
    1. OC komentator: Romeo - Juliet
      http://battle-of-realms-5.blogspot.com/2015/04/char-sheet-romeo-juliet.html

      Delete
    2. makasih banyak bang Dadali,,, iye itu ini aye emang sengaje ngurangin dikit kadar betawi di tulisan nyang inih,,,tapi ye jadinye resiko gitu deh rada nanggungin,, kadang malah kagak kerase Betawinye

      makasih deh pokoknye, aye terima dengan senang hati

      Delete
  3. saya sedikit asing dengan gaya penuturan betawi seperti ini, terlalu banyak membaca novel translate-an dan novel biasa lainya, sehingga gaya narasi seperti ini baru dan unik buat saya. dan karena baru dan unik, saya tak bisa menilai dari segi narasi maupun bagaimana style pembawaan si penulis didalam cerita ini, hanya plot sudah baik tertata rapi dari depan hingga akhir, namun rasanya ada beberapa bagian yang bisa dijelaskna lebih panjang lagi, seperti pertarungan dan penghancurna menara tamon rah, mungkin akan sedikit lebih menarik lagi. lalu pada bagian awal dimana diceritakanya beberapa bagian kecil dari masa lalu sang karakter utama menambah cerita ini sedikit hidup. saya bukan penggemar sfx namun penggunaan sfx yang pas dan tak berlebihan membuat nyaman pembaca...... baik sekian dari saya, terima kasih, untuk skor saya kasih 8 bulat ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama OC kamu siapa? jangan lupa ditulis ya untuk di data :D

      Delete
    2. Aria Maharani
      cc http://battle-of-realms-5.blogspot.com/2015/03/char-sheet-ariana-maharani-frozen.html

      Delete
    3. wah iye nih bang Brian,,,kerasa kurang panjang ye? ini bikinnye aye emang belom bisa cerita nyang panjang - panjang gitu,,, lagi belajar nulis adegan berantem juga,,, mugnkin asik kali ye kalo ditambain detil-detil gitu

      makasi komen ama nilainye,,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  4. tadi udah nulis, eh ga nongol hueeee....

    aye langsung penilaian aja ya:

    plot: pacenya cepat banget. Bisa banget ini entri masuk dari flashback, cerita dapet karomah sampe langsung masuk BOR dan dalam sekejap bertarung. tapu nuansa BOR nya seakan gak tergambar lengkap di sini. Jokesnya mantep. seandainya sedikit lebih panjang lagi.

    Tata tulis: ga bisa ngomong, deh, asik dibaca. tapi narasi yang hampir seluruhnya pake bahasa betawi, --sedikit roaming sih, bikin mengganjal. selebihnya, rapih.

    Penampilan OC: dapet banget ya karakternya engkong, semua kemampuannya keluar, tapi ternyata hitungannya jadi agak2 gak logis. tapi ini superb. keren.

    nilai dari aye: 8

    _PITTA N. JUNIOR_

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak nih Om Dhiko,,, iye nih Kumirun Mude kuatnye kayak kebangetan gitu ye? ini bakal jadi masukan inpo berarga buat aye,,, tadinye aye ngebayangin jagoan silat Betawi gitu kan pada jago -jago tuh di pilem ngelawan sepasukan belande aje bisa sendirian

      makasih,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  5. Wahwah, si Engkong terlalu bersemangat inih. Ingat umur, Kong. Biarpun bisa jadi muda lagi, tapi itu kan cuman sebentar. Jangan terlalu bersemangat sampai lupa diri.

    Ini ceritanya seru banget, padat berisi, pertarungannya singkat tapi bermakna. Gagah banget deh si engkong waktu kembali jadi muda #blush Monster dipelototin aja pada langsung kabur. Keren.

    Kritiknya mungkin pada bagian drama di awal cerita, serasa terlalu padat. Padahal bisa dipakai untuk semakin memperkuat karakter si Engkong. Juga kombinasi tim dengan Ki Kusuma belum terlalu digarap. Kesannya si Engkong Kumirun main sendiri saja.

    Tapi terlepas hal itu. Ini entri yang menghibur. Lebih menghibur daripada kisah janda yang ditinggal mati suaminya #pundung

    Ponten 9, tapi karena jadi submitter pertama +1,

    TOTAL PONTEN 10

    -Bu Mawar-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye bener juge,,, aye kelewat semangat buat ngebikin Kumirun jadi jagoan,, kayaknya bakal lebi seru gitu ye kalo si kusume matinye kagak secepet itu

      mkasih banyak bu,,, aye terime nilainye dengan hati berbunge-bunge

      Delete
  6. anggap saja semua cerita itu pada dasarnya sempurna 10

    tapi...

    cerita engkong kumirun ini memiliki banyak kekurang dan juga kelebuhihan

    Saya merasa joke-joke dalam cerita ini terlalu dipaksakan sama kayak tukul, bukan cari ketawa, malah untuk dikasihani
    -1 (9)

    milih 1 party, terus dibunuh belum apa-apa. berasa kayak cuman pengen maju sendiri, dan bengkokin peraturannya
    -1 (8)

    ada 2 kasus dimana si kumirun keluar dari char sheet. 1, gak pakai doa. dan 2, bawa granat.
    kalau bawa senapan mssih ngerti.
    -2 (6)

    setidaknya berantem dan kisah kumirun ini cukup effectif
    +1 (7)

    Jadi nilainya 7 dimata saya,
    OC komentator: Frost

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye bener juga ye,,, tapi aye kagak ngerti soal joke joke gimane nyang bagus sih,,, ini juga bikinnye semunculnye aje,,, gaya natural gitu,,,
      iye soal si kusume aye juga rade nyesel nih kalo di liat lagi,,, mestinye aye bikin lebih dapet peranan gitu

      itu nyang bagian "Kalo aje Yang Maha Kuase ngasih karomah sekali lagi, udah gua abisin lu kuda!" sebenernye si kumirun lagi bedoa, bang,,, tapi kagak gitu keliatan kayak doa gitu,,ye? mungkin entar entarnye aye bikin lebih kusyuk gitu

      kalo soal granat pan yak itu si kumirun tinggal ngambil gitu bang punye prajurit nyang laen,, soalnye kumirun uda tinggal sendirian,,,kagak bisa ngancurin dua menare sekaligus kalo kagak pake bom boman

      sekali lagi makaish,,, aye terima semuanye dengan senang hati

      Delete
  7. Saia suka narasinya yang mudah dimengerti sama logat dialognya juga. Walau kadang kerasa maksain, tp tetap berasa hidup di benak saia. Ditambah lagi, ini entry pertama yang masuk. Ini faktor yg bisa bikin +3 poin sendiri. Good job soal kecepatan, saia bahkan belum bisa begini ^^

    Tapi yg paling ganggu dari semua, justru keajaiban si Kumirun dan Ki Kusuma. Petualangan mereka terlalu cepet. Padahal saia ngarep yang agak panjang, karena saia liat narasainya enak bingit.

    Musuhnya juga terlalu gampang--padahal secara, musuhnya banyak banget ampe ribuan dan dari segala ukuran. Jadinya geregetnya kurang, IMHO.

    Overall, saia kasih 8 sahaja. Sebenernya bisa lebih tinggi lagi kalo dibanyakin petualangan dan penjelasannya. Misalnya kaya Tamon Ruu ngejelasin dulu detailnya, bukannya tau-tau nyangsang aja ke dimensi lain.

    Oceee, nilai saia yang paling jujur 8 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iye, OC aye Ahran si Alkemis nyang dipanggil sang Petape. Mukanye agak mirip Belande, tp dia kagak mirip kumpeni :v

      Delete
    2. iye mpok nih,,, ntar entar aye mesti bikin nyang rada panjangan gitu ye? tapi sesuai cerite dari nyamg bikin turnamen juga sih,,aye cuman ngikutin

      makasih,,aye terima komentar ama nilainye dengan senang hati

      Delete
  8. Gaya penulisan betawinya kurang bisa memahami karena saya bukan orang jakarta sehingga merasa sedikit asing :)
    flash back tokoh utama menghidupkan cerita
    alurnya bagus dan hidup namun pada bagian pertarungan kurang bisa dipahami dan terkesan terlalu cepat untuk di sudahi.

    nilai 8 +1 karena cepat sendiri menyelesaikan PRELIMINARY

    total 9

    OC: Shizuka Lilith Moselle

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye,, mesti aye bikin lebih daramatis lagi entar tuh pertarungan si Kumirun,,, kalo yang ini kecepetan, ye?

      makasih nilainye, Mpok,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  9. Masih ada narasi yang nggak ngena sama bahasa betawinya, tapi jujur ini enak buat dibaca. Dan, ane ngerasa kurang suka sama efek suara yang ada dalam ceritanya.

    Untuk nilai, saya kasih 7

    my OC, Reviss Arspencer

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye Mpok Ara,, nih aye tadinye sengaja ngurangin unsur Betawinye dikit biar kagak kekentelan,,soalnye kemaren dulu aye bikin pul betawi pada mabok nyang bacain cerite aye

      itu epek suarenye aye buat ala kadarnye aje,, maapin aye

      makasih pokoknye,,, aye terima semua dengan senang hati

      Delete
    2. Ah...ano...emmmm
      ane cowok gan

      Delete
    3. mau cowok mau cewek kagka masalah,,,pokoknye aye terima kasih deh uda dibaca tulisan aye

      Delete
  10. Gileee ajib bener Abah Kumirun, ceritanya unik dan menghibur. Emang ini cerita bukan sembarang cerita. Tapi masih ada kekurangan menurut saya, terutama tentang Abah Kusuma. Ya peran Abah Kusuma cuma njedotin tongkat sama botol racun saja terus mati, ini kesannya kaya Abah Kumirun ingin bertarung sendiri.

    Untuk cerita juga cepet sekali, menurut saya cerita tentang bertarung lawan monster harus diperbanyak lagi, itu juga berlaku untuk bertarung lawan naga, lawan Tamon, dan menghancurkan menara. Kesannya Abah sakti itu bener.

    Tapi memang membuat cerita yang unik dan beda memang susah apalagi jadi entri pertama prelim ini. Saya akui Abah emang hebat :)

    Nilai 8

    - James Allard Jauhari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye tuh kesalahan aye,, agak kelupaan buat ngerancang peranan si kusume,, kagak tauh kenape itu kayak kecepetan buat dibikin mati ye? mestinye mesti kasi peranan lebih keren lagi tuh buat kusume

      saktinye pan bang pas cuman waktu jadi mude lagi aje,,, tapi kayaknye itu juge kelewat sakti ye?? itu jadi masukan buat aye ke depannye deh

      makasih uda ngebacain tulisan aye,, pokoknye semua aye terima dengan senang hati

      Delete
  11. Sorry yak ane kgk bise kasih review kemaren karena panggilan alam keburu kumat (dibaca: Tidur) *kgk penting*

    Dari segi penceritaan menurut ane udah bagus, ditambah ama bahasa-bahasa Betawi yang cukup menghibur dan juga mudah dibaca ama para pembaca, ditambah lagi ama efek sejarah sebelum masuk Turnamen BOR ini yang cukup menghibur, contohnya mungkin saat engkong lawan ntu Nippong ama Belande.

    Tapi sayangnya kekurangan dari karya engkong yang satu ini yaitu Ceritanya sedikit amat, kalo bisa sih diceritain lagi pertarungannye lawan ntu Kuda api (Dibaca: Tamon Rah) juga, itu si Abah Entar matinya cepet amat? Kenapa kgk dia matinya itu saat-saat terakhir dari cerita gitu misalkan:

    Pas waktunye dia nyerang bareng ntu menara bareng aye ada suatu kejadian buruk nimpa die.

    *BRUGG*

    "KUSUMA!"

    Kusuma saat itu udah mati ditempat gegare badannya si Tamon Rah nimpa die sebelum naik ke angkase.

    (Kesananya terserah engkong dah, yang penting ntu seenggaknya bisa ngebantu juga sebelum saat-saat die mati.

    Tetep berkarye Ngkong, ane salut ama perjuangan ente di BOR BIR BER BUR BAR semoga bisa nongol di entry pertama lagi di lain kali

    Penilaiannya :8

    -OC:Torebash Mungira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye tuh bener,,, ide bagus mestinye kalo gitu jadi bakalan tampak lebih dramatis,,, kenape dulu aye kagak kepikiran gitu, ye?

      iye makasih banyak dukungannye bang,,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  12. Et dah tua-tua keladi. :^)

    Secara narasi ini uda lebih enak dibaca daripada pas entry-entry twh kemarin. Jadinya kerasa unik. Cuma aja aye masi lum terbiasa ma narasi betawi jadi kadang ketahan-tahan gitu bacanye ga mau keluar. ;^)

    Pas awal uda asik banget om pake rekapitulasi dua cerita entry twh sebelumnya yah? Aye baru baca yang pertama. Tapi dari cerita pembukaan ini aja uda ketahuan Kumirun tuh kayak apa.

    Alur kenongolannya tamon juga asik, malah sempet-sempetnya ngeliatin dada operasian. Trus die ngetim sama Entar Kusuma gara-gara ga sengaja. Interaksi dua aki-aki ini asik juga diikutin.

    Berantemnya rame, diselipin joke-joke juga. Apa pula ada setan yang kalah gara-gara dibacain ayat kursi, huehehehe. Monster emang paling keder ketemu veteran perang lawan kumpeni.

    Cuman matinya Abah Entar berasa ga enak banget. Secara keseluruhan cerita komedi tapi pas adegan dia mati jadi gore dan serius utuk sesaat. Berasa penen ketawa tapi ga enak, pengen sedih tapi malah awkward.

    Uda ah komennya segini aja. :)

    Nilai : 8

    OC aye : Zhaahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ternyate ade juge nyang ude baca tulisan aye sebelumnye,, iye ini awalannye itu rapelan doang dari dua cerite nyang ude aye bikin sebelumnye,, nyang sekarang emagn aye rada kurangin dikit logat Betawinye,,, sukur- sukur kalo jadinye lebih enak buat dibace,,,
      soal abah entar iye,, itu juga aye nyesel banget

      makasih ye mpok,,, aye terima dengna senang hati

      Delete
  13. Hebat nih ngkong udah jadi aja :3

    seru juga ceritanya meski singkat. Awal-awal saya bosan ngeliat narasi betawinya, yah mungkin karena nggak terbiasa, tapi semakin ke sini narasinya kurang konsisten.

    Bertarungannya juga kurang greget ngkong :D

    tp karena engkong ngirim pertama saya kasih nilai plus jd saya ksh nilai 8

    -Sungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. masi kurang konsisten ye? okedeh itu ntar bakal aye peratiin lebih pol lagi,,,biar konsisten gitu

      makasih banyak nih bang ripki,,aye terima dengan senang hati

      Delete
  14. Hadeh komennya gak ke entri xD.

    Hebat nih author cerita ini, udah jadi aja. Tak tambahin +1 buat nilai.

    Secara keseluruhan pace ceritanya itu begitu cepat, jadi kurang menikmati di bberapa bagian ceritanya.
    Battlenya juga kurang untuk bbrapa hal terutama di bagian kerjasama timnya.
    Terutama abah ntarnya yang mate gtu aj pdhl sblumnya dia g sengaja nembakin tuh tentare manusia gara2 gak mahir pke senjata.
    Apa itu yg di namakan karma?
    Tapi untuk battle solonya kong kumirun bner2 sakti bngt n bsa pke snjta ap aj. Pdhl saya ykin hrusnya snjta yg dia pke waktu prang dlu, itu hrusnya beda terutama senapan laser. N kong kumirun langsung bsa pake senjata itu gitu aja.

    Ajib dah pokonya, meskipun di bbrapa joke ada yang kurang. Cuma bkin mesem2 aj xD.

    Aye nilai 8 buat cerita ini.

    Hidup kong kumirun..

    -Khanza M.Swartika-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf beberapa kata komentar saya di ketiknya singkat-singkat. Hehe

      -Khanza M. Swartika -

      Delete
    2. iye bang itu kan namanye pestol-pestolan biar moderen juga pan tinggal pencet tombolnye aje buat nembakin,,,jadinye kumirun tau,,pan sebelumnye juga die udah ngeliat nyang lain biar tau cara makenye gimane tuh

      makasih banyakk,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  15. Assalamualaikum engkong, bisa baca ini tulisan kagak? Aye kurang pinter basa betawi iki.. Nganggo boso Jowo rumiyin nggih? Aduh, kok dibalang bakiak??

    Nah, mengulang beberapa statemen diatas, kendala bahasa bikin saya susah menikmati tulisan ini. Secara cerita yang saya cerna, masi dater tapi AYE SUKA. aye rela deh digebukin sama Kong ame Aki. Tapi Aki mokat.. kesannye kaya Aki diikutin dimari buat pelengkap aje.. kan kesian... walo betarungnye si Kong beribet acakadul tapi aye rela dihajar kok Kong..

    terakhir yang jadi minus aye kaga ketawa baca ini kong, malah simpati.. Kong yang sabar ye..

    Segitu aje kong, komentar aye..

    Saye mau nyuruh Fath`a sholat Dhuha dulu biar dapet karomah kayak Kong..

    Assalamualaikum.. Panjang umur, Kong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iye nilainye, ketularan pikun si engkong nih... +7 ye?

      Delete
    2. Waduh kulo mboten saget boso Jawi nih, Mas. panjengan bilang napa toh? Kulo mboten ngartos.

      iye nih,,, nanti aye bilangin ke si engkong biar die makin sabaran hidupnye,,

      pkoknye terimakasih deh, mpok,,, aye terima semuanye dengan senagn hati

      Delete
  16. gaya penulisannya unik, flashback diawal nguatin cerita utama nya. dua ini yang bikin saking asiknya ngebaca jadi lupa kalo udah mau kelar.
    tapi karena penulisan logat betawinya entah kenapa di beberapa kalimat agak ganjal contohnya di "Naga itu terbang ke arah menara, bikin sistim pertahanan menara jadi aktif deh."
    satu lagi, kecepatan diselesein ceritanya. berkesan maksain
    nilai 9+1 karena paling cepet nyelesein Preliminary. bisa dijadiin bahan referensi juga :D

    OC Kyril the Lost Swordman
    http://battle-of-realms-5.blogspot.com/2015/04/char-sheet-kyril-lost-swordman.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye bang K,,, itu aye kayaknye kelupaan buat ngerobah jadi logat betawi di bagian entu tuh,,, ini soalnye aye lagi ngurangin dikit logat Betawinye biar nyang ngebacain tulisan aye kagak pada kesurupan

      makasih bang K,, aye terima nilainye dengna hati berbunga-bunga

      Delete
  17. Eh si engkong cepet juga nulisnya. Salut kong! xD
    Narasi gaya betawinya saya SUKA kong, jadi bikin cerita ini jadi ringan dibaca. 👍
    Untuk Pace nya terlalu cepet buat saya, Padahal ada beberapa kejadian yg bisa dibikin lebih seru kalo ditambahin detail lagi.
    Hmm... Terus itu kok ki Kusuma terasa tempelan ya? Padahal udah bagus tuh interaksinya.
    Overall, nilai aku kasih 7 + 1 untuk flashback di awal & kecepatan menulisnya. Total : 8 yey >.<
    OC : Mang Ujang
    http://battle-of-realms-5.blogspot.in/2015/03/char-sheet-mang-ujang-petani-ikemen.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye makin banyak nyang ngingetin soal ki Kusume,, aye jadi tahu itu emang keteledoran aye,,, mestinye die lebih klop lagi aye bikinnya ame kumirun

      maksih semuanye,,mpok puji,,, aye terima semuanye dengan senang ati

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. well, engga bermaksud jadi penjahat atau semacamnya sih, cuma saya jujur aja dhe...
    1. Narasi betawi macam gini engga biasa buat saya, saya sendiri masih percaya narasi harus menggunakan EYD dan bahasa Indonesia yang baik dan benar--yang mana merupakan poin minus untuk tulisan ini...DI MATA SAYA. Iya, saya doang kok, jadi ga ngaruh, saya mah apah atuh u,u
    2. Oh ya, saya engga tau sih betawi itu kayak gimana, saya juga bukan orang betawi. Tapi saya perhatikan, ada kata yang tadinya perkose tiba2 berubah jadi perkosa, terus pemude jadi pemuda, lalu beberapa kata dan kalimat yang serasa out of place ketika saya bandingkan sama narasi betawi yang disajikan di sepanjang cerita, membuat mixed feeling di mana saya ga yakin kalau ini sepenuhnya betawi, atau for the sake of something, terpaksa harus kebetawian.
    3. Secara kepenulisan(selain betawi)sebenernya udah bagus, rapih, dan nyaman buat dibaca. Ringan pula, tidak begitu banyak mikir, tinggal baca dan semua kelar.
    4. Konsep yang dibuat cukup simpel, tapi saya menyayangkan kalau ada poin yang salah dipahami oleh author kalau masuknya suatu party ke arena itu dimulai setelah sebuah party terbentuk. Orang berdua ngobrol itu bukan team. Logikanya, apa iya kalau situ ngobrol ma orang asing, tiba2 jadi dan dianggap satu team? Walaupun memang tidak harus semacam game, sebuah team itu terbentuk atas dasar persetujuan pihak2 yg bersangkutan, maka dari itu mereka mau kerja sama. Kecuali kalau team itu dibentuk oleh orang lain, udah beda cerita dan bukan itu poin utamanya.
    5. Ketika masuk battle, interaksinya cukup bagus, yah, dua orang tua, ada lah rasa saling ngertinya, walau saya agak heran si Kumirun ngejek2in Kusuma dan Kusuma marah2 berkali2 bilang mau ngehajar Kumirun tapi engga juga dilakuin dan Kumirun masih aja ngejek. Rasanya cuma bacot doang gitu deh. Ditambah, saat battle dimulai, menurut saya eksekusinya kurang sehingga saya engga merasakan apa2 saat Kusuma mati dan Kumirun kek balas dendam. Saya suka dialog Kusuma yang mau mati, tapi secara keseluruhan tidak begitu signifikan. Menurut saya masih bisa digarap lagi, mungkin dengan memperlambat tempo dan mengeksplor hubungan antara mereka berdua.
    Yah, segitu dulu yang bisa saya pikirkan, secara overall ini lumayan buat dibaca, walau saya ngga bisa bilang ini nyaman karena narasinya.
    Skor: 5
    OC: Vi Talitha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1, nah iye itu bang,, aye paham kok kalo ini mah tulisan aye ngawur banget kaidah bahasanye,, tapi ini kemaren aye ngeliat kagak ada nyang ngelarang buat aye bikin pake bahasa Betawi jadinye aye lakuin aje... aye mah cuman lulusan SMP,,, masuk STM kagak tamat,,, jadi kurang banget emang kalo soal buat nulis-nulis nyang jago gitu,,, aye cuman bisa bikin ape adenye
      2, iye bang ini juga udah aye kurangin kadar Betawinye,,,biar lebih gampang dibaca mestinye,,, lagian pan orang betawi asli juga kagak selalu ujungnye e gitu,,, kadang ngomong gue,,kadang ngomong gua,,, tapi kan masih tetep sama aje
      3, iye bang kecepetan banget ye aye nulis semuanye?
      4, aye kagak ngerti game game gitu,,bang,,, aye cuman nulis sekenanya aja,,, logika aye juga rada kurang,,, kalo perang juga kan kagak mesti setujuan juga buat jadi tim,, kalo udah ada musuh,,, siape aje yang ada di deket kita ya itu nyang jadi temen setim
      5, iye bang,,, aye juga baru belajar nulis beranteman,,, masih dongok banget lah istilahnye aye,, belom bisa bikin nyang bener bener mantep

      makasih semuanye,,bang ... aye terima dengan lapang dada

      Delete
  20. Edan!! entri pertama?! Nilai plus tersendiri untuk mbah kumirun.

    Apalagi interaksi antara kedua engkong ini kocak banget. Plus lah.

    Saya anggap penggunaaan bahasa betawi sebagai narasi ini sebagai ciri khas-nya mbah kumirun. Namun tetap saja, untuk dialog tokoh selain si mbah kumirun sendiri, tolong tetap menggunakan bahasa yang baik, hal ini menyangkut soal kerakter. Minus.

    Sebagai penggemar adegan action, saya agak menyayangkan aksi mbah yang terlalu minim dan kesannya superior sekali, padahal si mbah kan cuma manusia biasa yang dapat karomah balik muda aja, bukannya malah jadi superman. Minus lagi.

    Drama sewaktu Ki kusuma juga kurang menyentuh. Itu pendapatku aja sih.

    Jadi, total nilai yang saya berikan adalah 7

    Salam Meong, Mi-Ke :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas kumirun mude itu die jagoan silat paling jago di ibukote,, mpok,,, aye ngebayanginnye pilem silat betawi gitu,, jagoannye jago banget bisa ngalaihin kumpeni sepasukan cuman pakek silat,,, aye nirunye ke situ

      makasih banget nih,mpok,,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  21. Sepanjang sejara BoR dari taun pertama kayanya baru sekarang saya nemu yang berani ngedobrak tren pasar (?) kayak gini. Nilai plus sendiri buat itu.

    Nilai plus kedua tentunya penghargaan karena bisa jadi submitter tercepat, dengan cerita yang bisa dibilang selesai tanpa halangan. Nilai plus ketiga karena bisa nyelesein tantangan ini cuma berbekal seorang teman, yang mati pula di ceritanya. Nilai plus terakhir karena udah lumayan bikin saya terhibur sepanjang baca ini

    Kendatipun demikian, saya bisa dibilang kurang sreg karena kesannya cuma berbekal karomah aja Kumirun jadi serba bisa dan ga ada tandingannya. Kalo minjem istilah asing, jadi invincible. Emang ga ada larangan buat all-out di awal, tapi kalo gimmick entri Kumirun gini terus ke depannya, mungkin bakal rada repetitif juga.

    Gimanapun juga buat percobaan pertama kali ikutan BoR ini entri yang bagus. Dari saya 8.

    [OC : Dyna Might]

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aye kagak tau deh tuh soal tren pasar,bang,,,aye cuman nulis nyang aye sebisanye aje,,,sukur deh kalo emang bisa ngehibur

      iye tuh ntar aye mesti pikirin lagi biar bisa ngerancang beranteman si engkong biar kagak kelrwat ketergantungan ama karomahnye

      makasih banyak,,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  22. Asik. tapi tetep pengen tsukkomi "Mz bikinnya coba yang bahasa indonesia yha."

    jadi 4 buat asik, 0 teknisnya.

    Bahasa Betawi KW luar biasa. Gak yakin ini glorious troll ato memang aksen betawi yang dipaksakan :v
    Another 0 to the entry berasal dari interaksi Kumirun yang luar biasa strict di Kusuma doang, seakan diluar itu orang nyaris nggak kepake.

    Plot : anying, 3 poinnya semuanya dari sini.

    bonus: paragrapnya ena.

    4/10

    - Adrienne Marsh, atas pesanan Ronnie Staccato.


    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur nih mpok aye kagak ngerti ape nyang empok omongin,,,kebanyakan istilah nyang aye kagak pernah denger juga,,,

      tapi makasih deh uda nyempetin baca,,,aye terima semuanye dengan lapang dada

      Delete
  23. Bingung pengen nilai EYD ga bisa. :s
    Tapi subtotal pengen kasih nilai 7, padahal kalo Kusuma survive sampe akhir bisa lebih naik lagi.

    Nilai akhir: 7.

    ~Effeth Scyceid

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye,, tapi kusume emang sayang banget kali ye dimattiin gitu,,, aye pengen bikin die ngobrol- obrol lagi ame kumirun,,soalnye seru

      makasih deh bang Agus,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  24. Sejujurnya saya kurang suka sama gaya narasi ala betawi gini karena saya bukan orang betawi dan ada beberapa kalimat yang lost buat saya. Penggunaan karakter juga cuma sekedar numpang lewat dan ga ada pendalaman lebih, padahal duo ini lumayan bagus buat dipadukan.

    Nama Karakter : Alayne Fiero
    Nilai Akhir : 4/10

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sori banget deh nih ye,,Mpok Arum,, maap aye cuman bisa nulisnye ya begini aje,,, aye masih kagok kalo nulis mesti pake gaya baku gitu,,, elmu aye belom nyampe ke sono,,,Mpok

      tapi aye ucapin terima kasih, Mpok, biar jadi pelajaran buat aye,,,
      aye terima nilainye dengan lapang dada

      Delete
  25. pembawaan cerita keren. Tapi itu cuman buat orang yang mengerti saja, yang gak? Mungkin mereka pass. Ane nangkep ini genre utamanya komedi jadi seru banget!!

    overall : 8/10

    - Dhaniy Islaviore/Masqurade

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak nih Mpok Dhaniy! aye terima semuanye dengan senang hati

      Delete
  26. Po- Fatanir

    Gaya bercerita unik dan orisinil. Komedinya sangat khas. Kumirun pas pakai Karomah jadinya super stronk. Ceritanya juga walau simpel tapi pas sama tema. Kesalahan pengetikan minim.

    Minusnya, Kumirun seakan harus pakai Karomah utk bisa beraksi, jadi perjuangannya kurang kerasa. Kadang juga gaya bercerita begini mungkin gak gampang diterima semua kalangan sehingga mesti ada penyesuaian yg pas.

    Nilai dariku 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye tuh bang,,,aye belom nemuin penyesuaian nyang pas itu nyang kayak pegimane,,,pokoknye nanti aye bakal lebih coba bikin nyang lebih seru aje deh,,sesuai ama kemampuan aye,,,soal karomahnye juga nanti bakalan aye pikirin lagi

      makasih banyak Mpok Fata,,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  27. ceritanya bagus cuma bahasanya itu yang unik buat daku sulit mengerti, tapi aku suka sama ceritanya. jadi aku kasih nilai 8 maaf jika ada kata" yang kurang berkenan.

    OC : Sora Shirayuki

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak, Mpok Yuki,,,maapin aye juga kalo susah dingerti bahase aye,,,

      pokoknye,,, semua aye terima dengna senang hati

      Delete
  28. Cerita berbahasa betawi yang tidak kumengerti. Awalnya mau aku skip, tapi karena alurnya asik jadi pengen baca lagi. seperti soal bahasa inggris, baca sedikit yang dimengerti abaikan yang tidak dimengerti. Begitulah caraku membaca cerita ini.

    Karena cerita ini memakai bahasa betawi jadi aku kurang 'srek' bacanya. Tapi overall keren ceritanya.

    7+1(karena entri pertama) dariku -Jiwa yang menulis cerita ~Arc~-

    ReplyDelete
    Replies
    1. maapin aye,,Mpok, kalo bahasanye susah dimengerti,,,aye masih nyari-nyari care biar tulisan aye lebih gampang dibaca,,,tapi masi tetep keliatan kayak tulisan aye

      makasih banyak pkoknye,Mpok,,, aye terima dengan senang hati

      Delete
  29. Jalan ceritanya menarik unsur-unsur budayanya jga membuat kisah ini makin seru cma rada gk sreg sma penggunaan bahasa kasarnya. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye,,maapin aye,Mpok. Tapi emang udah dari sononye si kumirun mulutnye kasar,,

      makasih banyak nih ude disempetin mampir baca

      Delete
  30. Agak kecewa pas Abah Entar dimatiin gitu doang, seolah dia ada cuma buat syarat doang. Padahal berharap kakek-kakek ini bisa berantem kerjasama lawan Tamon Rah.

    Tapi seneng juga baca komedinya, menghibur banget. Ga bosen baca sampe abis. Paling demen sama prolognya, orisinil banget, unik pula. Paling ketawa pas ngebaca ayat kursi. Demen banget lah.

    Tapi ya itu tadi, sayang Abah Entar kayak cuma dibuat syarat. Seolah nongol buat mati doang.

    Nilai 6 lah dari saya :D

    ~Fudo
    ~Lo Dmun Faylim

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye,,,bang Jihad,,tuh ude diingetin bekali- kali ama nyang laen juga,,aye kecepetan bikin Kusume mati

      makasih udah disamperin tulisan aye,,aye terime nilainye dengan senang hati

      Delete
  31. Pertama-tama saya senang bisa melihat ada penulis yang mempunyai ide karakter yang unik dan memiliki nilai budaya yang masih cukup kental. Seorang tentara veteran dari Rawabangke bermodal silat harimau saja. Itu patut untuk dipuji.

    Oke, langsung pada komentar.

    Sayangnya, eksekusi penulis dalam merealisasikan karakter Engkong Kumirun dalam sebuah tulisan kurang "nendang".

    Kalau secara teknisnya sih, saya gak begitu masalah selain konsistensi logat betawi yang akhirannya "e" sama yang kata-kata bahasa indonesia biasa. Jadi agak bingung narasinya mau bener-bener bahasa betawi atau bahasa indonesia.

    Soal plotnya, saya senang penggunaan "Karomah"nya. Komedi dan jalan ceritanya bisa dinikmati. Tapi komedinya kurang "nendang" dan porsi karakter Abah Entar yang mati begitu saja rasanya menjadi sesuatu yang mengecewakan. Padahal kalau Abah Entar bisa tag team sama Engkong Kumirun, itu akan menjadi sesuatu yang dahsyat dan menendang. Dan agak kecewa karena karakter lain juga porsinya kurang. Jadi cerita ini seakan fokusnya ke Engkong aja gitu...

    Sekian komentar dari saya, untuk nilai akhir, saya berikan 7.4/10

    Salam hangat dari Enryuumaru/Zarid Al-Farabi

    ReplyDelete
    Replies
    1. NOTE:

      Karena ternyata tidak bisa kasih nilai dengan koma,
      saya bulatkan jadi 7/10 @v@

      Delete
    2. iye Bang,,,makasih sekali lagi aye udah diingetin soal Ki Kusume,

      aye terima dengna senang hati

      Delete
  32. Ehem ...

    Sekalipun Abah Kumirun mungkin cakap menggunakan senapan Arasaka atau senapan bren di masa lalunya, tapi saya merasa agak janggal dengan langsung menguasainya Abah Kumirun dengan senjata Alforea itu. Para tentara modern yang terlatih pun kadang harus belajar lagi pakai senjata tipe baru kok >.< .

    Karomah dan jurus beksinya bener2 sakti gile. Secara pribadi saya pengen Abah Kumirun ini lolos dan ketemu sama Ying Go. Biar bisa adu jotos antara Dharmapala yang cenderung pakai jurus karate sama Abah Kumirun yang pakai jurus-jurus beksi. >.<

    Nilai dari saya 7/10.

    Ciao!
    OC : Tan Ying Go

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bener juge,,, kayaknye aye bikin kumirun rada ane sebab die langsung bisa mainin senajta modern kayak gitu,,,makasih banyak nih bang masukannye,,, kudu aye pikirin ke depannye

      wah itu karakter Abang tentare juge ye? aye juga pengen ketemuin ame kumirun kalo gitu,,, pasti bakalan seru ntuh

      sekali lagi makasih udah dikomenin tulisan aye,,, dengna senang hati aye terima nilainya

      Delete
  33. Secara cerita sudah bagus, namun dari gaya penulisan sepertinya masih harus belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Memang saya tahu ini gaya penulisan orang betawi tapi tidak semua penulis tahu bahasa betawi jadi sebaiknya gunakan bahasa Indonesia. Lalu di sini saya agak terganggu dengan penggunaan bahasa sunda yang sepertinya dipaksakan jadi terdengar rancu alangkah baiknya penulis mencari translate bahasa sunda dahulu sebelum di tuangkan ke tulisan.

    ok mungkin itu saja dari saya tetap semangat ya

    nilai dari saya 8/10

    OC : Yu Ching

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduww,,,kalo langsung dipaksain mesti kudu pake bahasa Indonesia,,aye nyang kagak bisa,Bang! ini pan aye lagi belajar nulis juga,,,baru enak kalo make logat sendiri gitu,,, tapi entar pelan- pelan aye mu coba juga biar bisaan juga nulis bahasa indonesia baik bener kayak kata abang,,, dan kalo bahasa sunda nye juga aye sama aje,,masih baru belajar

      makasih bang udah mampir di aye punya tulisan ini,,, aye terima nilai komenan ini dengna snenang hati

      Delete
  34. XD HA...HA..HA..HA...HA... Kocak bener ceritanye. Aye emang bukan orang betawi tapi aye lumayan ngerti ame ini cerite.
    Dari tulisan ane kagak mau ambil pusing soalnye tulisan ane juge masih jelek. Yang penting bagi aye tulisan entu bisa aye bayangin arah ceritanye. klo yang lainye ikutin aje saran2 para senior di atas ane.
    Nilainye 9/10
    OC aye : Izu Yavuhezid
    Jangan lupe mampir ama cerita ane ye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye Mpok,,,aye pasti bakalan dengerin saran2 para seniyor di atas,,, tapi aye kagak bisa langsung tancep gas,, kudu mesti pelan-pelan dulu benerin tulisan

      ini juga aye uda dibantuin ama temen buat ngurangin salah tanda baca,,ejaan,,segala macemnye

      aye terima kasi banyak nih buat komennannye,,tapi aye kagka bisa janji buat bisa mampir balik,,, sesempetnye aye nanti,,kalo lagi kagak sibuk -sibuk banget shifft di pabrik

      komen dan nilainye aye terima dengan hati berbunge-bunge

      Delete
  35. gaya penulisannya nyentrik tp asyik. benar2 unik wkwkk.
    karakter kong kumirun jg keren. tp, ki kusuma nya malah mati ya? pdhl kalo 2 engkong itu duet kyknya bakalan seru tuh.
    ide buat munculin meriam tembak dr tower dan monster naga dll jg bagus.
    cuma tower nya bisa dihancurin pake granat doang ya?

    ane kasi nilai 9/10 ye soalnya ane emang tertarik ama gaya tulisnya.


    Beckman

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iye makasih bang,,,

      aye terima nilainye dengan senang hati banget

      Delete
  36. Saya bukan orang jawa barat, jadi saya engga paham semua. Saya coba baca ini dan sekali lagi jadi engga maksimal karena hanya bisa mengerti sekitar 40%-nya

    "Entar Kusuma!"

    "Entar? Gua nanyanye sekarang, lu mau jawab entar!"

    "Entar itu nama aing, anying! Atau maneh bisa panggil aing Ki Kusuma!"

    "Kusuma? Kok kayak nama cewek aje. Nama bunge. Elu banci, ye?"

    "Eh anying! Mulut dijaga dikit, napa?"

    ^ Ini dialog saya masih ngerti, dan saya ketawa dis ini =)) =))

    Untuk dialog masih pakai dialek betawi gini masih bisa diterima, tapi untuk deskripsi coba pakai bahasa indonesia? gaya penceritaannya sudah bagus sih, tapi sekali lagi untuk saya masih sulit orz

    5 tapi karena entah kenapa berkesan jadi +1
    6/10
    (Maida York)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iye tuh, Mpok,, aye emang kudu banyak belajar nulis lagi,,, tapi ini ya emang kemauan aye aje buat make bahase betawi di tulisan,,,cuman ini ude aye turunin dikit kadarnye,,lebi banyak dipake bahasa Indonesianye daripade nyang dulu aye tulis sebelonnye

      makasih, Mpok,,aye terima semuanye dengan senang hati

      Delete
  37. Hwaduh, bener-bener tua-tua keladi nih yee. Karomahnye kong kumirun ajib bener dah. Walo kaga dibantuin abah entar juge tetep sakti die. Eh? Die kaga doa dulu nih sebelum karomahnya keluar? Mungkin karena kematian abah yang mengoyak sanubari kong kumirun jadi karomahnya bisa muncul gitu aje ye. Abah entar mestinye bise lebih dikembangin lagi nih ilmu santetnye. Jadi lebih banyak kerjasame buat ngadepin monster-monsternye gitu.

    Ade monster ager-ager, maksudnya slime gitu ye? ah bise aje nih bang adjie bilangnye.

    Di awal cerite latar belakangnye udah aye baca di TWH jadi aye skip dikit gapapa yee. Tanda bacanye udah lebih ajib yang sekarang, bang. Kalo di TWH masih banyak tande tige kome ",,," sekarang alhamdulillah nyaris kaga ade.

    Komedinye cukup menghibur, contohnye pas pade kenalan terus keliru arti nama entar ntu. Tapi kentutnye masih lebih sering di cerita TWH nih kayaknye engkong, di sini mah jarang, hahaha. Dari narasi, ade sedkit nyang jomplang, terutame waktu bekelai. Mungkin karena ade kalimat narasi nyang pake kata "itu" deh, jadi kurang harmonis sama narasi betawinye. Kalo diganti jadi "ntu" mungkin lebih enalk kedengerannye.

    Ade sedikit keanehan waktu kong kumirun tau-tau udah tau singkatan nama turnamen jadi BoR aje, padahal kan doi belom pernah tuh denger singkatan BoR, mane die ude sulit dengernye. Rincian kecil kayaknye wajar kelupaan deh. Tapi tetep jempol deh karena bise cepet banget bikin cerite segini.

    7/10

    OC: Wildan Hariz

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye ntuh bang,,,aye dibantuin ame temen separbrik nyang emang kerjaannye ngetik,,die tau banget tuh soal beginian,,aye banyak dikasi tau ama die,,, eh tapi kalo komen- komenann sih aye masi suka pake tige kome kayak gini,,, entah kenape kayaknye seru aje

      itu bedoanye pas bagian "Kalo aje Yang Maha Kuase ngasih karomah sekali lagi, udah gua abisin lu kuda!" ... tapi kayanye di lain kali aye mesti ngebikin bedoanye lebih kusyukan gitu,,mestinye

      ini bahase betawinye ude aye kendorin dikit, bang,,,jadinye kagak fulteng kayak dulu bikin orang mabok,,,tapi jadinye kayak setenga-setenga gitu ye?

      wah iye soal singkatan BOR,,,dari mane si engkong tau soal begituan ye? aye juga nggak tau kenape die bisa tau

      sekali lagi makasih banyak bang,,,aye terima semuanye dengan sneang hati

      Delete
  38. Nulis bahasa betawinya setengah-setengah ya kayaknya? kadang ngasih betawi beneran, kadang cuman betawi "jadi-jadian". Tapi masih dikasih lampu hijau sama saya.

    Ini isinya bener-bener jokes (yang kadang miss, karena nggak ngerti bahasa betawi) ditambah actionnya mbah kumirun. Entah kenapa, ngeliat si kakek bertarung pake karomah itu keren.

    8/10

    Harid Ziran
    OC: Wilhelm Carna

    ReplyDelete
  39. Dafuq entry pertama? baru sadar wkwk. soalnya di fb tiba tiba ilang wall nya hehe.

    Kong, aye demen banget ama cara penulisanye... unik.
    Seperti biase kong, tiap aye liat ada entry nyang beda ndiri bakal aye kasi point plus +1... selain itu engkong juga entry pertama jadi point plus +1 lagi...

    Untuk team party nya kayanya engkong ini emang tipe soloist ya (wat) .... jadi kusuma cuma dijadiin tempelan aja, tapi gpp entry nye ude bagus kong.

    9/10 dari aye kong

    Ragga Bang!

    ReplyDelete